nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Minta Kementan Ekspor Beras Tahun Depan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 04 Desember 2019 20:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 04 320 2138053 jokowi-minta-kementan-ekspor-beras-tahun-depan-KeVJja1pOC.jpg Beras (Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kementerian Pertanian mengekspor beras. Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pihaknya siap untuk mengeskpor beras premium ke luar negeri pada tahun depan.

"Saya diminta untuk mempersiapkan untuk ekspor beras. Sehingga kita tidak hanya melihat Indonesia tentang impor saja. Tapi mulai tahun ini saya diperintahkan untuk mempersiapkan beras premium untuk mengekspor ke beberapa negara. Oleh karena itu, Insya Allah mulai dari Januari ini persiapan-persiapan ekspor itu akan saya coba lakukan," kata Syahrul di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (4/12/2019).

 Baca juga: Rapat Bahas Beras, Jokowi Minta Data yang Akurat dan Terkonsolidasi

Syahrul mengatakan, ekspor beras bukan diambil dari ketersediaan beras di Bulog. Ekspor tersebut, lanjut dia, akan dilakukan oleh Kementan yang akan mulai mempersiapkan bibit-bibit, hingga lahan yang baik agar hasil panen petani bisa bersaing dengan beras dari negara lain.

 Beras

"Tenti ada diplomasi perdagangan pertanian harus dimainkan dan Insya Allah saya sangat yakin perintah Presiden akan saya laksanakan dengan baik," ujarnya.

 Baca juga: Lepas Stok 20.000 Ton Beras yang Turun Mutu, Ini Skema Dirut Bulog

Politisi Nasdem itu menargetkan Kementan bisa ekspor beras hingga mencapai 500 ribu ton pada tahun depan. Meski demikian, ia belum mengetahui negara mana yang akan membeli hasil panen dari dalam negeri ini.

"Saya tentu jajaki dulu.ebih bagus didalam pikiran saya tentu saja kemana aja, tapi kalau saya kemukakan karena belum ada dalam komunikasi yang lebih teknis saya minta waktu. Tapi saya pastikan bisa," imbuhnya.

 Baca juga: Bulog Sebut Penyaluran Beras Bansos Baru Capai 85 Ribu Ton di 2019

Syahrul mengaku sudah mengantongi kiat khusus agar pemerintah bisa mengekspor beras ke luar negeri. Menurut dia, pemerintah akan menekan biaya produksi sehingga harga beras dalam negeri bisa berkompetisi dengan harga pasar di luar negeri.

"Kita negara tropis harusnya bisa menjawab tantangan bukan hnya beras sebenarnya. Kalau ada perintah persiapkan lebih banyak lagi ekspor oleh Presiden saya siapkan pasti," tandasnya.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini