nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Harap Jokowi Hadiri Groundbreaking Lagi, Kenapa?

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 06 Desember 2019 13:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 06 320 2138702 jangan-harap-jokowi-hadiri-groundbreaking-lagi-kenapa-0oiajOBWUB.jpg Presiden Jokowi (Foto: Okezone.com)

CILEGON - Presiden Joko Widodo mengaku tidak akan menghadiri kembali acara peletakan batu pertama (groundbreaking) pengerjaan proyek. Dirinya hanya akan menghadiri acara peresmian ketika proyek tersebut sudah jadi.

Menurut Jokowi, alasan mengapa dirinya enggan hadiri acara Groundbreaking lagi adalah karena dirinya memiliki pengalaman buruk tentang hal tersebut. Ketika itu, dirinya menghadiri acara Groundbreaking namun sudah lima tahun berjalan hingga saat ini pabrik tersebut tak kunjung beres.

Baca Juga: Resmikan Pabrik di Cilegon Rp5,3 Triliun, Jokowi Tak Mau Kalau Hanya Groundbreaking

"Saya akan datang kalau pabriknya beroperasi. Kalau groundbreaking enggak mau. Saya tunggu 5 tahun enggak pernah pembukaan pabriknya," ujarnya saat meresmikan Pabrik Petrokimia di Cilegon, Banten, Jumat (6/12/2019).

Selain pabrik, Jokowi juga enggan menghadiri acara seremonial Groundbreaking pada proyek pengerjaan jalan tol. Sekalipun jalan tersebut merupakan proyek strategis nasional (PSN).

"Termasuk pembangunan jalan tol trans-sumatera. Dai Aceh dimulai Lampung dimulai," ucapnya.

Jokowi

Dirinya pun punya pengalaman pribadi khusus pembangunan proyek jalan tol ini. Ketika itu dirinya baru menjabat sebagai Presiden periode pertama dan diminta untuk melakukan Groundbreaking pada jalan tol Trans Sumatera.

Tak lama ada masyarakat sekitar yang membisikan kepada dirinya. Masyarakat tersebut bilang jika sudah tiga kali dilakukan Groundbreaking untuk jalan tol tersebut. Namun katanya hingga saat ini belum ada realisasi yang dilakukan pasca Groundbreaking.

"Saya datang masih mau saat itu. Oke groundbreaking di Lampung. Saya peletakan batu pertama ada masyarakat yang bisikin saya di sini groundbreaking tiga kali," ucapnya.

Jokowi

Namun dirinya pun berkomitmen jika jalan tol tersebut harus segera rampung. Mantan Wali Kota Solo itupun melakukan sidak setiap tiga bulan sekali sehingga saat ini progres pembangunan jalan tol Trans Sumatera pun berjalan mulus.

"Jalan tol ini akan saya cek setiap tiga bulan. Saya ke sana delapan kali. Enggak ada yang berani," ucapnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini