nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sri Mulyani Sabet Status Salah Satu Wanita Berpengaruh di Dunia

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 11:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 13 20 2141436 sri-mulyani-sabet-status-salah-satu-wanita-berpengaruh-di-dunia-SGXDLNRC0f.jpg Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjadi salah satu wanita berpengaruh di dunia. Melansir data dari Forbes, Jumat (13/12/2019). Menteri Keuangan Indonesia tersebut berada di urutan ke-76 dari daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia.

Awalnya, Sri Mulyani dikenal sebagai seorang pengamat ekonomi di Indonesia. Dia menjabat sebagai Kepala Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (LPEM FEUI) sejak Juni 1998.

Baca Juga: Daftar Wanita Paling Berpengaruh Dunia, Tak Ada Sosok Alice Walton

Sebelumnya, Sri Mulyani menjabat sebagai direktur pelaksana dan COO Bank Dunia. Saat berada di Bank Dunia, dia menggunakan platformnya untuk mempromosikan kesetaraan gender.

Sebagai menteri keuangan, dia meningkatkan pendapatan negara melalui reformasi pajak. Reformasi ini memperluas layanan e-filing dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

sri mulyani

Pada tahun lalu, dia menerima penghargaan sebagai Menteri Terbaik bergengsi di KTT Pemerintah Dunia atas upayanya untuk mengimplementasikan reformasi tersebut. Selain itu, dia juga dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets

Sri Mulyani merupakan alumni Universitas Indonesia (UI). Dia lulus dari salah satu PTN bergengsi tersebut pada 1986. Lalu dia melanjutkan pendidikan Master dan Doctor di bidang ekonomi di University Illinois at Urbana-Champaign.

Baca Juga: Tokoh Ekonomi yang Masuk Daftar 100 Orang Berpengaruh Dunia

Saat dia menjabat sebagai Menteri Keuangan saat ini, Pemerintah Pusat untuk pertama kalinya memperoleh opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun Anggaran 2016 dari hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Sri Mulyani juga menjadi pusat perhatian dengan berhasil menagihkan pajak perusahaan raksasa Google dan Facebook.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini