Perang Dagang AS-China Mereda, Indeks Dolar AS Kokoh

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 08:39 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 13 278 2141386 perang-dagang-as-china-mereda-indeks-dolar-as-kokoh-DbHu8DQfSL.jpg Dolar AS (Foto: Ilustrasi Shutterstock)

JAKARTA – Indeks dolar melonjak terhadap safe-haven yen Jepang pada perdagangan kemarin setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan Amerika Serikat dan China makin dekat untuk menyelesaikan kesepakatan perdagangan.

"Semakin dekat dengan DEAL BESAR dengan China," tulis Trump di Twitter.

Baca juga: Dolar AS Kembali Bersinar Setelah 5 Hari Keok

Trump diperkirakan akan bertemu dengan penasihat perdagangan utamanya untuk membahas batas waktu tarif 15 Desember, sumber mengatakan kepada Reuters, Jumat (13/12/2019).

Terhadap yen Jepang, yang cenderung menarik investor selama masa-masa tekanan geopolitik atau finansial karena Jepang adalah negara kreditor terbesar di dunia, dolar naik 0,55% menjadi 109,14, mendekati level tertinggi satu minggu dekat.

Terhadap yuan China, dolar turun 0,69% ke level terendah satu bulan.

Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Menguat 14 Poin 

Dolar juga didukung oleh laporan Wall Street Journal yang mengatakan negosiator AS telah menawarkan untuk memangkas tarif yang ada sebanyak setengah dari USD360 miliar pada barang-barang buatan Cina dan membatalkan putaran pungutan baru yang dijadwalkan berlaku hari Minggu.

Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, naik 0,28%.

Nilai Tukar Rupiah terhadap Dolar AS Menguat 14 Poin 

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini