nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Boeing Akan Hentikan Produksi Sementara 737 Max

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Selasa 17 Desember 2019 16:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 17 320 2142992 boeing-akan-hentikan-produksi-sementara-737-max-E8BGPSTRkk.jpg Pesawat Boeing (Foto: Reuters)

JAKARTABoeing berencana untuk menunda produksi Pesawat 737 Max pada awal tahun 2020. Sebuah langkah drastis setelah Federal Aviation Administration menyatakan tinjauannya terhadap pesawat itu yang akan berlanjut hingga tahun depan.

Keputusan Boeing ini dibuat setelah mengalami kerugian hingga ratusan juta dolar AS dan membatalkan ribuan penerbangan mereka yang menggunakan pesawat hemat bahan bakar. Boeing mengatakan tidak berencana memecat pekerja di Pabrik Renton, Washington DC, Amerika Serikat, tempat diproduksinya 737 Max. sebagai tambahan, terdapat kurang lebih 12.000 pekerja yang akan dipindahkan sementara.

Baca Juga: Boeing Akan Perbaiki 7.000 Mesin Pesawatnya

Penghentian produksi sementara yang dilakukan Boeing terhadap Pesawat 737 Max belum jelas sampai kapan, karena bergantung pada pihak pengawas pesawat AS yang memeriksa dan menilai pesawat. Namun, beredar kabar bahwa penghentian produksi sementara itu akan berakhir bulan Maret 2020 mendatang.

“Kami tahu proses persetujuan 737 Max untuk kembali terbang butuh waktu. Butuh persyaratan, pelatihan yang tepat sehingga pembaruan atau peningkatan pesawat bias terpenuhi,” kata Boeing dalam pernyataan tertulisnya seperti dilansir CNBC, Selasa (17/12/2019).

Boeing

“Kami tetap berkomitmen penuh untuk mendukung peningkatan fasilitas ini. Seperti tugas kami untuk memastikan bahwa setiap persyaratan dipenuhi,” lanjut Boeing.

Boeing juga telah berulang kali mengatakan akan memangkas atau menunda produksi pesawat mereka secara keseluruhan jika larangan penerbangan berlangsung lebih lama dari yang diharapkan. Boeing bahkan telah memotong ongkos produksi sebesar 20% pada April lalu setelah diminta oleh pemerintah pengawas pesawat AS.

Baca Juga: Pesawat Boeing 737 Max Kembali Diminati

Hampir 400 Pesawat Max milik Boeing terparkir di armada global AS saat terjadi dua kecelakaan yang fatal di pertengahan Maret lalu. Bahkan Saham Boeing, yang turun lebih dari 4% selama sesi reguler. Boeing juga mengumumkan dividen triwulanan yang mencapai USD2.055 atau Rp28 juta (Kurs Rp13.796/USD) per sahamnya.

Saham Spirit AeroSystems yang membuat badan pesawat untuk 737 Max juga turun 4% di pasaran.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini