Share

Erick Thohir Bakal Rombak Jajaran Direksi Anak Usaha Inalum

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Selasa 17 Desember 2019 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 17 320 2143126 erick-thohir-bakal-rombak-jajaran-direksi-anak-usaha-inalum-InjJXJW4po.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/Kementerian BUMN)

JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengungkapkan bakal ada perubahan jajaran direksi dan komisaris pada anak usaha MIND ID atau yang dahulu bernama PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum). Hal ini dimaksudkan untuk penyegaran di tubuh anak usaha Inalum.

"Ke depan akan ada perubahan komposisi kepengurusan di perusahaan-perusahaan anak usaha Inalum," ujar Staf Khusus Kementerian Arya Sinulingga saat dihubungi awak media melalui sambungan telepon seluler, Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Baca Juga: Erick Thohir Mau Rombak Direksi KAI

Meski demikian, Arya enggan menjelaskan secara rinci terkait perombakan yang bakal dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir tersebut. Dia hanya menegaskan perubahan akan terjadi di jajaran petinggi anak usaha Holding Pertambangan itu yang akan disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Erick Thohir

"Komisaris juga (diubah). Pokoknya dilakukan perubahan kepengurusan," katanya.

Menurutnya, perombakan ini diperlukan sebagai upaya penyegaran di tubuh manajemen anak usaha Inalum. Hal ini untuk mendorong kinerja perseroan bisa semakin baik ke depannya.

Baca Juga: Tiga Peneliti Industri Tambang Terpilih di Ajang MMII Research Awards 2019

"Itu perlu refreshing saja, enggak apa-apa lah," katanya.

Untuk diketahui, Inalum memiliki beberapa anak usaha yakni PT Aneka Tambang Tbk (Antam), PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, serta PT Freeport Indonesia. Diantara anak usaha tersebut, Antam diketahui akan melakukan RUPS dalam waktu dekat, yakni pada 19 Desember 2019.

Sebelumnya, Kementerian BUMN juga bakal melakukan perombakan jajaran direksi PT Kereta Api Indonesia (KAI). Perombakan dilakukan agar kinerja KAI bisa lebih baik lagi, lantaran ada beberapa posisi yang saat ini kurang begitu cocok dengan latar belakang direksi yang bersangkutan.

“Ada pergantian di direksi di KAI. Pergantiannya enggak banyak,” ujar Arya saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (16/12/2019).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini