nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan Erick Thohir Ganti Bos Antam: Transformasi Bisnis

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 19 Desember 2019 13:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 19 278 2143795 alasan-erick-thohir-ganti-bos-antam-transformasi-bisnis-H4LHxu5uEu.jpg Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak jajaran direksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM). Salah satu yang diganti dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yakni posisi direktur utama (Dirut).

Erick menyetujui Dana Amin menjadi Dirut menggantikan Arie Prabowo Ariotedjo. Tak hanya itu, Erick juga mengganti direksi lainnya seperti, Anton Herdianto menggantikan Dimas Wikan Pramudhito sebagai Direktur Keuangan. Rosono menggantikan Sutrisno S Tatetdagat sebagai Direktur Pengembangan Usaha.

Baca Juga: Antam Rombak Direksi, Dirut Kini Dijabat Dana Amin

Menurut Direktur Niaga Antam Aprilandi Hidayat Setia, dalam RUPSLB dijelaskan alasan pemegang saham mencopot direksi Antam, untuk melakukan transformasi bisnis.

Emas Antam

"Jadi, tadi pada saat dibacakan pada saat tadi RUPSLB, pemegang saham ingin untuk melakukan transformasi bisnis. Itulah alasannya," ujar dia di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (19/12/2019).

Dia menambahkan, pada 2020 terdapat tantangan yang akan dihadapi perseroan. Seperti, pada Januari tahun depan sudah tidak diizinkan ekspor nikel.

Baca Juga: Cari Emas hingga Nikel, Antam Habiskan Rp12,7 Miliar

"Maka itu menjadi challenging bagi kami sehingga kami di 2020 akan fokus ke arah hilirisasi. Itu jadi target Antam ke depannya," ungkap dia.

Sebagai informasi, tidak hanya direksi yang diganti. Posisi dewan Komisaris juga terjadi perombakan. Pemegang saham menunjuk Agus Surya Bakti menggantikan Fachrul Razi sebagai Komisaris Utama.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini