nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pala Punya Nilai Jual Tinggi, Komoditas Terbesar RI sejak Masa Hindia Belanda

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Jum'at 20 Desember 2019 11:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 20 320 2144150 pala-punya-nilai-jual-tinggi-komoditas-terbesar-ri-sejak-masa-hindia-belanda-SKyKJHl5ND.png Pala (Foto: Instagram Kementan)

JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo sedang menggalakan Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks). Gratieks adalah gerakan di mana sektor pertanian maupun perkebunan meningkatkan ekspor hingga tiga kali lipat.

Baca Juga: Buah Pala Ampuh Mengobati Insomnia, Pelajari Cara Pakainya Yuk!

Salah satu komoditas prioritas perkebunan dalam Gratieks ini adalah Tidore 1. Tidore 1 adalah salah satu jenis buah pala. Pala ini tumbuh di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.

"SobaTani, salah satu komoditas prioritas perkebunan yang disertakan dalam Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks) adalah pala. Nah, kenalin "Tidore 1", varietas pala hasil inovasi dari Balitbangtan. Cek infografisnya, yuk," ujar Kementan yang dilansir melalui akun Instagram-nya pada Jumat (20/12/2019).

Baca Juga: Tips Sukses Bisnis Manisan Pala, Modal Kecil Untung Besar

Seperti yang kita tahu, pala adalah salah satu rempah-rempah khas Tanah Air. Bahkan, buah pala lah yang mengundang penjajah untuk datang ke negeri ini.

"Pala adalah salah satu jenis tanaman perkebunan yang mempunyai nilai jual tinggi. Sejak masa Hindia Belanda, pala menjadi salah satu komoditas besar dunia yang diproduksi di Indonesia," ujar Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Buah pala Tidore 1 ini sama dengan buah pala yang umumnya beredar. Kulit buah ini berwarna merah kecoklatan, sedangkan isi/daging buah ini berwarna kuning muda. Daging buah pala Tidore 1 ini tebal, dengan rasa agak kesat.

Buah ini ditanam pada lahan dengan ketinggian 150 hingga 700 mdpl. Tangkai buah pala Tidore 1 ini besar dan kokoh, begitu juga dengan pohon pala.

Tanaman ini bisa berumur panjang, loh. Berdasarkan info dari Kementan, umur tanaman buah pala Tidore 1 bisa mencapai 28 tahun.

Setiap tahunnya, tanaman buah pala Tidore 1 memproduksi 7,5 ribu buah per pohon. Bayangkan, bila ada banyak tanaman ini yang tumbuh, Gratieks-pun dapat dilakukan.

Kadar minyak atsiri fuli pada buah pala ini yaitu sebesar 13,9%. Sedangkan kadar minyak atsiri biji tuanya sebesar 3,76%.

Salah satu keunggulan dari tanaman buah pala Tidore 1 ini adalah tahan terhadap hama penggerek. Selain itu, tanaman ini juga tahan terhadap penyakit busuk buah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini