nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Resmikan 3 Proyek di Penghujung 2019, Salah Satunya Stadion Manahan Solo

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 23 Desember 2019 13:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 23 320 2145159 jokowi-resmikan-3-proyek-di-penghujung-2019-salah-satunya-stadion-manahan-solo-543UdRnJQ9.jpg Presiden Jokowi. (Foto: Okezone.com/Setkab)

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera meresmikan beberapa proyek lagi sebelum menutup tahun ini. Salah satu proyek yang akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo adalah Stadion Manahan Solo.

Direktur Jenderal Cipta Karya Danis Sumadilaga mengatakan, untuk proyek di Cipta Karya ada sekitar tiga proyek yang akan diresmikan. Ketiga proyek tersebut meliputi proyek renovasi Stadion Manahan Solo, revitalisasi kota lama Semarang dan revitalisasi pasar Johar Semarang.

Baca Juga: 5 Embung Dibangun di Pulau Samosir, Berikut Daftarnya

"Kalau proyek yang diresmikan banyak sekali tapi dalam waktu dekat itu ada Stadion Manahan ,Pasar Johar,dan Kota Lama Semarang," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (23/12/2019).

Peresmian proyek itu pun masih menunggu jadwal dari Presiden Joko Widodo. Namun informasi yang diterima Okezone, Menteri PUPR Basuki Hadmuldjono akan pergi menuju Solo, Semarang dan Yogyakarta pada akhir pekan ini.

Begini Wajah Baru Stadion Manahan di Kota Solo

Mengenai tujuan perginya Basuki ke Solo dan Semarang untuk mendampingi Presiden Joko Widodo. Sementara untuk kunjungan ke Yogyakarta adalah untuk mendampingi Presiden Joko Widodo untuk meresmikan underpass Kentungan.

"Nunggu jadwal Presiden (Joko Widodo). Kita liat nanti," ucap Danis.

Baca Juga: Jokowi: Mantan Bos Bank Dunia Lirik Investasi Tol hingga Bandara di RI

Selain itu, Danis juga belum mengetahui apakah saat peresmian Stadion Manahan Solo akan digelar laga eksebisi seperti halnya peresmian Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) atau tidak. Menurutnya, urusan menggelar laga eksebisi kewenangan dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

"Belum tahu kalau itu. Itu harus nanya ke PSSI," ucapnya.

Sebagai informasi, renovasi stadion Manahan Solo menelan biaya Rp301,33 miliar. Renovasi dikerjakan oleh PT Adhi Karya (Persero) dan PT Penta Rekayasa dengan skema Kerjasama Operasi (KSO).

Setelah direnovasi, Stadion Manahan Solo kini menampung 20 ribu penonton dan menggunakan single seat atau kursi tunggal. Venue ini kini bisa digunakan untuk event olahraga nasional dan internasional.

Selain itu, jenis rumput yang dipilih pun tidak tanggung-tanggung. Lapangan di Stadion Manahan ditanami rumput berjenis Zoysia Japonica. Rumput jenis ini juga digunakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang memiliki keunggulan lebih hijau dan berakar kuat.

Selain itu, stadion didukung drainase lapangan yang baik agar meskipun hujan, tidak terjadi genangan pada saat pertandingan.

Begini Wajah Baru Stadion Manahan di Kota Solo

Stadion Manahan Solo yang baru juga bakal memiliki atap yang mengelilingi bangunan atas, yang membuat penonton aman dari hujan maupun cuaca panas. Untuk pencahayaan menggunakan kualitas penerangan hingga 1.500 lux.

Sementara renovasi kota lama Semarang dilakukan sejak 2017 dan rampung tahun ini. Adapun total anggaran yakin Rp183 miliar yang dikerjakan oleh PT Brantas Abipraya.

Sementara itu biaya revitalisasi pasar Johar yang dikerjakan pemerintah menelan biaya Rp146,09 miliar. Proyek ini dikerjakan oleh PT Nindya Karya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini