Share

Sosok Zulkifli Zaini, Dirut Baru PLN Racikan Erick Thohir

Irene, Jurnalis · Senin 23 Desember 2019 15:40 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 23 320 2145215 sosok-zulkifli-zaini-dirut-baru-pln-racikan-erick-thohir-FU0Ntik8Eo.jpg Zulkifli Zaeni. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN) Erick Thohir menunjuk Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Zulkifli bukan baru orang di BUMN, dia pernah juga memimpin Bank Mandiri.

Baca Juga: Zulkifli Zaini Dirut Baru PLN, Amien Sunaryadi Komut

Zulkifli tidak asing dalam dunia bankir Indonesia. Pria kelahiran Bukit Tinggi, 13 Januari 1956 ini mengawali kariernya sebagai account officer di Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) yang kemudian menggabungkan diri dengan Bank Mandiri pada 1998.

Pembangkit Listrik

Melansir dari bukunya "Execution Matters!", Senin (23/12/2019), Zulkifli mulai menjabat pimpinan Bank Mandiri pada tahun 2010-2013. Selanjutnya, Zulkifli menjabat sebagai komisioner PLN pada Juli 2013 - April 2015.

Baca Juga: Erick Thohir Akan Umumkan Dirut PLN Sore Ini, Bagaimana Nasib Rudiantara?

Zulkifli juga menjabat komisaris independen Bank Negara Indonesia (BNI) sejak 17 Maret 2015 sekaligus Dewan Pengawas Indonesian Bankers Association (IBI).

Zulkifli menempuh pendidikannya di Jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung tahun 1980. Kemudian setelah lulus ia memanfaatkan waktunya selama 8 tahun untuk bekerja sesuai dengan pendidikan yang ditempuhnya yakni di perusahaan engineering consultant. Setelahnya, ia melanjutkan pendidikan MBA (Master Bisnis Administrasi) di Olin Business School, Universitas Washington.

"Bagi saya, setiap perusahaan harus tumbuh. Growth is a must. Kalau sampai perusahaan tidak tumbuh, stagnan, apalagi turun, bisa dipastikan cepat atau lambat perusahaan itu akan mati ditelan bumi," kutip Okezone dari bukunya "Execution Matters!".

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini