nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Pengguna Tol Layang Japek Buang Air di Pinggir Jalan, Ini Kata Menteri Basuki

Giri Hartomo, Jurnalis · Senin 23 Desember 2019 17:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 23 320 2145250 viral-pengguna-tol-layang-japek-buang-air-di-pinggir-jalan-ini-kata-menteri-basuki-p2fcbA0zFS.jpg Jalan Tol Japek II (Okezone)

JAKARTA - Beberapa waktu lalu beredar video yang menampilkan pengguna jalan kencing di saluran drainase jalan tol layang Jakarta-Cikampek. Hal tersebut menyusul kemacetan panjang yang terjadi di jalan tol layang terpanjang tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya akan mempelajari perilaku dari pengendara. Sebab, buang air kecil di tepian jalan tol merupakan perilaku dari sang pengendara.

 Baca juga: Viral Video Tol Japek, Ada yang Buang Air Kecil Sembarangan

"Kalau ada yang buang air kecil itu saya kira perilaku walaupun memang karena macet," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (23/12/2019).

 Viral Pengguna Japek Pipis di pinggir tol

Menurut Basuki, jika dalam kondisi normal sebenarnya jalan tol itu bisa ditempuh dalam waktu 15 menit saja. Karena panjang jalan tol tersebut hanya 36 kilometer yang seharusnya bisa ditahan.

 Baca juga: Macet di Jalan Tol Layang Japek, Menteri Basuki: Pelajaran untuk Mudik

"Sebetulnya hanya 36 kilometer dan bisa ditempuh dalam 15 menit dalam kondisi wajar," kita Basuki.

Selain itu, sebelum masuk jalan tol juga sebenarnya sudah ada rest area tersedia. Sehingga seharusnya para pengendara sudah memperhitungkan yang sifatnya darurat sebelum naik ke jalan tol layang.

 Baca juga: Macet di Tol Layang Japek, Menhub Budi Analogikan Layaknya Jualan Martabak

Hanya saja memang kondisi tersebut tidak bisa dilawan karena sifatnya darurat atau emergency. Dirinya pun menyebut wajar jika para pengendara tidak bisa memprediksi kapan keinginan buang air kecil atau besar datang.

"Nah ini kan baru pertama kali, kita belum tahu perilaku hariannya. Sama saja nanti ini menjadi pelajaran untuk mudik yang lebih besar lagi nanti," kata Basuki.

Seperti diketahui, Tol elevated ini tidak ada rest area. Walaupun begitu, Tol Japek II diharapkan dapat mengurai kemacetan. Khususnya, lanjut Djoko, saat mudik Natal dan Tahun Baru mendatang.

"Sementara ini kita nggak menyediakan rest area. Karena rest area hakikatnya ada setiap 50 km. Kalau mau rest area ada di tol bawah," papar Djoko.

Adapun rest area terdekat adalah Jalan Tol Japek Bawah Km 50 dan Km 57 (Arah Cikampek) dan Km 06 (Arah Cawang).

Sebelumnya, Tol Layang Jakarta – Cikampek kembali ramai diperbincangkan publik. Usai isu tol yang bergelombang, kini tengah viral adanya pengendara buang air kecil di bahu jalan layang.

Sejak resmi beroperasi dan dapat dicoba masyarakat secara gratis hingga Natal dan Tahun Baru 2019. Antusias masyarakat untuk mencoba tol layang pertama ini ini sangat tinggi.

Bahkan terjadi kemacetan kendaraan di sepanjang Tol Jakarta – Cikampek II Elevated itu. Kemudian ada warga yang melewati tol layang yang terpaksa menahan buang air kecil.

Pria dewasa ini terlihat berpakaian kaos hitam oblong dengan celana panjang hitam. Terpantau dirinya kedapatan buang air kecil sembarangan di pinggir Tol Japek II.

“Orang indonesia 1 yg pipis di tol layang japek wahh rekor Muri nih hahahaaa kalo emak2 gimana coba????,” tulis Bang Koboi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini