Bukan Rudiantara, Ini Fakta di Balik Penunjukan Zulkifli Zaini Jadi Bos PLN

Vania Halim, Jurnalis · Selasa 24 Desember 2019 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 24 320 2145552 bukan-rudiantara-ini-fakta-di-balik-penunjukan-zulkifli-zaini-jadi-bos-pln-TLgSo0q7dj.jpg Zulkifli Zaini Jadi Dirut PLN (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Bukan Rudiantara, melainkan Zulkifli Zaini ditunjuk Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menjadi Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero).

Zulkifli bukan baru orang di BUMN, dia pernah juga memimpin Bank Mandiri. Zulkifli tidak asing dalam dunia bankir Indonesia. Pria kelahiran Bukit Tinggi, 13 Januari 1956 ini mengawali kariernya sebagai account officer di Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) yang kemudian menggabungkan diri dengan Bank Mandiri pada 1998.

Baca Juga: Rudiantara Tak Jadi Dirut PLN, Luhut: Saya Enggak Tahu

Zulkifli mulai menjabat pimpinan Bank Mandiri pada tahun 2010-2013. Selanjutnya, Zulkifli menjabat sebagai komisioner PLN pada Juli 2013 - April 2015.

Berikut Okezone telah merangkum beberapa fakta-fakta dipilihnya Zulkifli Zaini jadi Dirut PLN yang baru, Jakarta, Selasa (24/12/2019)

1. Ahli Manajemen Keuangan

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, ada beberapa alasan mengapa memilih Zulkifli Zaini yang merupakan bankir untuk mengisi posisi bos PLN. Pertama adalah karena Zulkifli merupakan seorang ahli manajemen keuangan.

"Pak Zulkifli kan ahli dalam manajemen keuangan," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta,Senin (23/12/2019).

Untuk memperkuat distribusi diperlukan keuangan yang sehat dan juga pemasukan harus stabil. Kemampuan tersebut disebut-sebut dimiliki oleh Zulkifli Zaini yang basicnya merupakan seorang bankir.

 Baca Juga: Zulkifli Zaini Jadi Dirut PLN, Erick Thohir Minta Tak Ada Lagi Kasus Mati Listrik

2. Efisiensi

Arya menjelaskan, saat ini PLN membutuhkan sosok yang mampu memperbaiki keuangan PLN. Salah satu caranya dengan melakukan efisiensi. Atas dasar itu, menurut Arya, Erick Thohir menilai sosok Zulkifli lebih tepat dibandingkan Rudiantara. Mengingat background Zulkifli yang merupakan seorang banker.

“Pak Zulkifli ini ahli di management keuangan, kebutuhan PLN saat ini kita lihat ingin ekspansi dan perkuat distribusi, artinya cash flow harus kuat,” kata Arya.

 PLN

3. Rekam Jejak yang Baik

 

Menteri BUMN Erick Thohir telah menunjuk Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama PLN dan Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PLN. Sepak terjang keduanya selama ini menjadi alasan Erick Thohir menunjuk untuk memimpin perusahaan listrik milik negara tersebut.

“Baik Pak Amien maupun Pak Zulkifli memiliki rekam jejak yang sangat baik, siap berkeringat dan berakhlak. Sama dengan Dirut dan Komut BUMN lainnya. Saya akan intens bertemu secara reguler setiap bulan untuk memastikan berbagai rencana besar yang menjadi prioritas Pemerintah,“ ucap Erick Thohir.

4. Erick Thohir Minta Tak Ada Lagi Kasus Mati Listrik

 

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan, ada lima tugas yang dititipkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir kepada dirinya. Salah satunya adalah memastikan tidak ada lagi kasus blackout (mati listrik total) seperti yang terjadi pada beberapa waktu lalu.

"Kami menyadar harapan masyarakat dan tantangan besar PLN dan jangka pendek dan panjang jadi perusahaan listrik yang mana sebaik-baiknya kita harus mampu mengatasi pemadaman listrik," ujar Zulkifli di Kementerian BUMN, Jakarta.

 PLN

5. Komentar Menko Luhut

Nama Rudiantara sebelumnya digadang-gadang akan menjadi Direktur Utama PT PLN (Persero). Namun, nyatanya dalam RUPS hari ini, Zulkifli Zaini yang menjadi Dirut PLN.

Bahkan, dalam jajaran Direksi dan Komisaris PLN yang baru, nama Rudiantara tak masuk daftar. Salah satu orang yang menyebut Rudiantara menjadi Dirut PLN adalah Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan.

Lalu apa kata Luhut soal Rudiantara tak jadi Dirut PLN?

"Saya enggak tahu," singkat Luhut di kantornya, Jakarta, Senin (23/12/2019).

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini