nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gelar Open House, Ini Makna Natal bagi Menko Luhut

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 25 Desember 2019 18:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 25 320 2146004 gelar-open-house-ini-makna-natal-bagi-menko-luhut-fyA7iA1Kvz.jpg Menko Maritim Luhut Pandjaitan (Okezone/Giri Hartomo)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan menggelar acara open house di rumah dinasnya di komplek Widya Chandra, Jakarta. Acara open house ini dalam rangka perayaan natal.

Dalam acara open house ini dihadiri oleh sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan tokoh nasional. Seperti misalnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama dan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo.

 Baca  juga: Menhub Puji Rest Area Tol Lampung: Es Kelapanya Enak Sekali

Selain itu hadir juga Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Koordinator bidang Hukum dan HAM Mahfud MD. Selain itu hadir juga sejumlah tokoh nasional seperti Hendro Priyono hingga Ali Mochtar Ngabalin

 Luhut

Menurut Luhut, hari raya Natal harus diisi dengan berbagi rasa dan kebahagiaan kepada semua masyarakat. Selain itu, momen Natal juga merupakan momentum untuk mempererat kebhinekaan.

 Baca juga: Menhub Minta Sistem Ticketing di Pelabuhan Merak-Bakauheni Dioptimalkan

“Dari bermacam teman-teman latar belakang hadir di sini. Kita hidup ini kan untuk berbagi rasa, bisa membantu orang yang susah, menolong atau memberikan kebahagiaan kita kepada orang lain,” ujarnya saat ditemui di Komplek Widya Chandra, Jakarta, Rabu (25/12/2019).

Luhut memandang, sebagai umat pesan Natal harus membawa kedamaian dan kenyamanan hidup di lingkungan sekitar. Selain itu, momen Natal ini juga perlu melakukan refleksi dan evaluasi diri terhadap apa yang telah diperbuat.

 Baca juga: H-1 di Pasar Asemka Malah Ramai, Pedagang Atribut Natal Tak Khawatir Lawan e-Commerce

“Daripada sekedar marah sini marah sana, kritik saja sini. Kita mesti tanya hati kira yang paling dalam, apa sih yang sudah kita perbuat kepada lingkungan saya. Untuk membuat ini sama sejahtera. Itu kan tidak hanya suku kita, bangsa kita, kan semua,” jelasnya.

Menko Luhut pun bercerita tentang keceriaan momen natal pada hari ini. Luhut mengaku diisi dengan silaturahmi dengan berkumpul dengan anak dan cucunya. Selain melakukan koreksi diri sebagai tokoh masyarakat, dirinya juga melakukan koreksi diri terhadap keluarganya sendiri.

“Saya dengan istri saya itu melakukan refleksi juga. Karena kami manusia yang penuh kekurangan. Itu juga kami pada sisi lain memberikan pengalaman kami ke cucu kami supaya tidak mengulang kesalahan kami,” jelasnya.

Luhut mengatakan, pada akhir tahun ini dirinya akan berlibur ke Labuan Bajo. Liburannya kali ini selain untuk refreshing juga akan meninjau kawasan wisata dalam penyelenggaraan Asia Pasific Economic Coorperation (APEC) dan G20 meeting di kawasan tersebut.

“Lusa saya mau pergi lihat Labuan Bajo. Saya mau lihat perintah presiden kita berharap Insya Allah untuk APEC atau G20 meeting di Labuan Bajo 2023. Saya ngga libur, Paling enggak istri saya, anak saya, cucu saya libur lah. Saya pura-libur libur,” kata Luhut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini