nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

H-1 di Pasar Asemka Malah Ramai, Pedagang Atribut Natal Tak Khawatir Lawan e-Commerce

Taufik Fajar, Jurnalis · Selasa 24 Desember 2019 18:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 24 320 2145699 h-1-di-pasar-asemka-malah-ramai-pedagang-atribut-natal-tak-khawatir-lawan-e-commerce-Mle6sgfML4.jpg Pernak-pernik Natal di Asemka (Foto: Okezone.com/Taufik)

JAKARTA - Umat Kristiani di Indonesia akan merayakan Natal dengan suka cita pada 25 Desember 2019. Khususnya di Jakarta, nuansa Hari Natal sangat terasa di berbagai tempat umum.

Salah satu tempat penjualan pernak pernik Natal yang adalah Pasar Asemka. Pantauan Okezone, ada berbagai macam pernak-pernik Natal yang dijual di sana. Mulai dari pohon Natal, hiasan, lonceng, lampu-lampu dan gantungan. Salah satu penjual, Sari mengatakan, masih banyak pengunjung yang akan membeli pernak-pernik Natal tersebut meski saat ini adalah H-1.

"Pembeli banyak mencari topi Natal, kemudian pohon Natal, hiasan dan lonceng," ujar Sari kepada Okezone di Pasar Asemka, Jakarta Barat, Selasa (24/12/2019).

Baca Juga: Intip Gurihnya Bisnis Pernak-pernik NatalIntip Gurihnya Bisnis Pernak-pernik Natal

Kemudian, lanjut dia, pengunjung banyak membeli pernak-pernik ini dengan secara banyak atau per kodi. Namun ada juga pengunjung yang beli secara satuan.

"Jadi, kalau harga satuan sama per kodi ini lebih mahal satuan. Misalnya topi Natal dijual satuan antara Rp15.000 sampai Rp35.000. Sedangkan untuk per kodi bisa sampai Rp200.000," ungkap dia.

Dia juga menjelaskan, dalam waktu sebulan ini banyak pengunjung yang membeli pernak-pernik Natal. "Ada pengunjung yang mencari topi Natal yang bagus. Tapi kami sudah habis atau kosong karena sudah laku," katanya.

 Natal

Omzet Capai Rp10 Juta

Kondisi ramainya pembelian, membuat pedagang di Pasar Asemka ketiban rezeki nomplok. Satu bulan menjelang Natal, masyarakat yang merayakan Natal sudah mencari pernak-pernik Natal. Bahkan pada H-1 malah ramai pembeli. Omzet yang didapatkan pun mencapai Rp5-Rp10 juta per hari pada puncak penjualan yakni 1 hari jelang Natal.

Sinta salah satu pedagang pernak-pernik Natal di Pasar Asemka mengungkapkan penjualan mulai ramai sejak awal bulan Desember 2019. Di mana omzet saat itu berkisar Rp5 juta hingga Rp10 juta per harinya.

"Satu Minggu terakhir ini atau menjelang hari Natal tiba banyak pembeli yang datang," ujar dia.

 Natal

Dia menjelaskan bahwa para pembeli ini membeli berbagai macam pernak-pernik natal. Seperti pohon natal, hiasan, lonceng, lampu-lampu, gantungan dan lainnya.

"Yang paling banyak dicari pembeli, kebanyakan pohon natal dan hiasannya," ungkap dia.

Kemudian lanjut dia omzet tersebut tak berbeda dari pada hari Natal tahun sebelumnya. "Jadi, apabila dibandingkan tahun lalu ya sama saja. Tak ada peningkatan," tutur dia

Dia menambahkan, meski saat ini sedang tren pembelian secara online, namun tidak khawatir sepi pembeli. Bahkan dia tidak khawatir bersaing dengan toko online atau e-commerce.

"Walaupun sudah ada toko online, saya yakin penjualan akan banyak. Karena banyak pembeli yang mau datang langsung ke toko," pungkas dia.

Natal

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini