nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seperti BBM, Maskapai Penerbangan Minta Avtur Satu Harga

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 26 Desember 2019 20:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 26 320 2146391 seperti-bbm-maskapai-penerbangan-minta-avtur-satu-harga-L0NilDo7wX.jpg Avtur Satu Harga (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Indonesia National Air Carriers Association (INACA) atau Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia meminta pemerataan harga avtur kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Ketua Umum INACA Denon B Prawiraatmadja menyatakan harga avtur yang ditawarkan kepada operator penerbangan harus lebih kompetitif.

"Jadi avtur ini nanti diharapkan ada pemerataan baik di wilayah Indonesia Tengah, Timur, maupun di Barat," ujar dia usai bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Gedung Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (26/12/2019).

Baca Juga: Desas-desus BUMN Ganjal Swasta Jual Avtur, Menko Luhut: Tak Betul

Menurut dia, bandara-bandara di wilayah timur saat ini masih memiliki perbedaan harga avtur yang cukup tinggi. Maka itu, pemerintah harus mengkaji untuk bisa menyamaratakan harga avtur seperti halnya program BBM Satu Harga.

"Saat ini masih dalam kajian Kemenko bidang Perekonomian. Nanti kita lihat apakah beberapa di bandara khususnya timur yang disparitas harganya cukup tinggi, ini akan menjadi kajian," ungkap dia.

Baca Juga: Ada BUMN yang Ganjal Swasta Jual Avtur?

Dia juga berharap permintaan dari INACA ini bisa diimplementasikan. Sebab pemerataan harga avtur bisa ditetapkan tahun depan.

"Apabila cost komponennya bisa turun. Maka harga tarif tiket juga diharapkan bisa turun, sehingga bisa banyak membantu masyarakat," katanya.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini