Usai Banjir, Kasur dan Sofa Harus Dijemur di Bawah Sinar Matahari Langsung

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Kamis 02 Januari 2020 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 02 470 2148605 usai-banjir-kasur-dan-sofa-harus-dijemur-di-bawah-sinar-matahari-langsung-oHACovmZr2.jpg Rumah Banjir (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Hujan yang terus-menerus dengan intensitas tinggi yang menerjang wilayah Jakarta, Banten, Bekasi dan sekitarnya membuat pemukiman, pertokoan, hingga akses jalan terendam oleh banjir. Akibatnya, aktivitas warga seperti berangkat kerja, mencari nafkah, atau pergi kuliah lumpuh total.

Para warga yang rumahnya terendam banjir pun sibuk mengevakuasikan diri sebelum banjir semakin tinggi. Alhasil, perabotan dan barang-barang di rumah dikesampingkan keberadaannya.

Walau belum menunjukkan tanda-tanda surut, warga yang rumahnya terendam banjir harus membersihkan kediaman mereka usai banjir dirasa sudah surut.

Baca Juga: Banjir Jabodetabek, Sri Mulyani: Ini Sangat Merugikan

Pekerjaan bersih-bersih ini memang merupakan pekerjaan yang cukup berat dan menguras tenaga, namun jika didiamkan terlalu lama, kotoran dan bakteri yang menempel di bagian rumah akan menimbulkan penyakit.

Selain membersihkan dinding atau lantai rumah dari sisa banjir, ada beberapa furnitur yang harus dibersihkan dengan seksama!

Jusuf Kalla Pantau Dapur Umum PMI Jakarta Timur 

Furnitur itu adalah sofa dan kasur. Sofa dan kasur merupakan furnitur yang dapat menyerap air dengan cepat, oleh karenanya kedua perabotan ini rawan sekali jika terkena banjir.

Langkah yang harus ditempuh untuk membersihkan sofa atau kasur yang terkena banjir adalah mengeringkannya menggunakan cahaya matahari alias dijemur. Karena menjemur sofa atau kasur merupakan cara yang paling efektif. Tidak hanya mengeringkan, dengan menjemurnya, sofa dan kasur dapat membunuh kuman serta mengurangi bau tidak sedap.

Jika sofa dan kasur sudah dirasa kering, jangan langsung ditata di dalam rumah. Kamu harus juga menyemprotkan cairan disinfektan untuk membunuh kuman yang bersarang.

Cairan desinfektan adalah bahan kimia yang digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi atau pencemaran atau untuk membasmi kuman penyakit.

Jusuf Kalla Pantau Dapur Umum PMI Jakarta Timur

Setelah sofa dan kasur disemprot cairan disinfektan, kamu juga harus menjemurnya lagi. Melakukan penjemuran ulang ini bertujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Langkah ini juga bisa kamu terapkan di karpet rumah ya!

Selain sofa, kasur, atau karpet, kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk pakaian, selimut, bahkan handuk. Hanya tinggal di jemur di bawah cahaya matahari hingga kering, lalu diberi cairan desinfektan, kemudian di jemur kembali. Pasti barang-barangmu sudah terbebas dari perkembangan kuman-kuman yang dibawa banjir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini