Survei BI: Optimisme Konsumen Menguat pada Desember 2019

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Selasa 07 Januari 2020 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 07 20 2150137 survei-bi-optimisme-konsumen-menguat-pada-desember-2019-Tf1yf9N9EV.jpg Bank Indonesia (Foto: Okezone.com)

JAKARTABank Indonesia (BI) memprediksi optimisme konsumen menguat pada Desember 2019. Ini diketahui dari hasil Survei Konsumen Bank Indonesia.

"Survei Konsumen Bank Indonesia pada Desember 2019 mengindikasikan optimisme konsumen menguat," tulis Bank Indonesia, dalam keterangannya, Selasa (7/1/2020).

Baca Juga: Aliran Modal Asing Masuk Rp224,2 Triliun Sepanjang 2019, Ini Detailnya!

Berdasarkan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Desember 2019, IKK meningkat dari bulan sebelumnya menjadi 126,4. IKK pada November 2019 yaitu sebesar 124,2. Peningkatan optimisme konsumen merata pada seluruh kelompok pengeluaran.

Grafik Ekonomi

Menurut BI, peningkatan optimisme konsumen terjadi karena membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini. Selain itu, konsumen berekspetasi positif terhadap kondisi ekonomi ke depan.

Baca Juga: Posisi Investasi Internasional Indonesia Merangkak Naik

Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini membaik karena mereka melihat persepsi yang lebih baik terhadap ketersediaan lapangan kerja, penghasilan saat ini, dan pembelian barang tahan lama.

Ekspektasi konsumen membaik terhadap kondisi ekonomi ke depan diakibatkan mereka berekspektasi penghasilan dan ketersediaan lapangan kerja semakin membaik ke depannya.

BI menyatakan, konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga pada tiga bulan yang akan datang meningkat. Hal ini terlihat dari Indeks Ekspektasi Harga tiga bulan yang akan datang meningkat dibandingkan dengan indeks pada bulan sebelumnya.

Meningkatnya tekanan harga dipengaruhi oleh ekspektasi konsumen terhadap penyesuaian harga pada kelompok administered prices.

Sedangkan tekanan kenaikan harga pada enam bulan yang akan datang diperkirakan meningkat. Hal ini diketahui seiring dengan harga yang masih tinggi pasca Idul Fitri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini