nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Turun Sampai 55%, Saham PCAR Diawasi BEI

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Selasa 07 Januari 2020 13:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 07 278 2150186 turun-sampai-55-saham-pcar-diawasi-bei-zNlj4NIfbW.jpg Indeks Harga Saham Gabungan (Ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) melihat adanya penurunan harga saham PT Prima Cakrawala Abadi Tbk (PCAR) di luar kebiasaan (Unusual Market Activity/UMA). Saham PCAR ini berada di posisi Rp1.300 per lembar pada 30 Desember 2019. Sementara pada 6 Januari, sahamnya sudah berada di posisi Rp585. Artinya, saham ini terkoreksi 55%.

"Dengan ini kami menginformasikan bahwa telah terjadi penurunan harga saham PCAR yang di luar kebiasaan (Unusual Market Activity)," tulis BEI seperti yang dikutip dalam keterbukaan informasi BEI pada Selasa (7/1/2020).

Baca Juga: Turun Tajam 50%, Saham Bank Victoria Masuk UMA

Walaupun mengalami UMA, saham PCAR tidak menunjukkan pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang Pasar Modal. Berdasarkan suratnya, diketahui PCAR memperbarui informasi terakhir pada 6 Januari 2020. PVCAR mempublikasikan informasinya melalui website bursa terkait registrasi pemegang efek.

BEI sudah meminta konfirmasi kepada PCAR pada Senin (6/1/2020). BEI mengatakan, sampai saat ini mereka masih menunggu jawaban atas volatilitas oleh perusahaan tersebut. Saat ini BEI sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham PCAR. Sehingga nantinya BEI mengetahui apa yang terjadi pada saham PCAR.

ihsg

BEI mengimbau pada investor untuk memperhatikan jawaban PCAR atas permintaan konfirmasi bursa. Selain itu, investor juga diminta untuk mencermati kinerja perusahaan tersebut dan keterbukaan informasinya.

Investor juga diminta untuk mengkaji kembali rencana corporate action saham PCAR apabila rencana itu belum mendapat persetujuan RUPS. Tidak hanya itu saja, investor diminta untuk mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum mengambil keputusan investasi.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini