nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Kabel Bocor di Baja Ringan, Bikin Tersengat Listrik!

Giri Hartomo, Jurnalis · Rabu 08 Januari 2020 11:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 08 470 2150545 viral-kabel-bocor-di-baja-ringan-bikin-tersengat-listrik-jPl7OYEiWX.jpg Baja Ringan. (Foto: Okezone.com/renovasibangunan.com)

JAKARTA - Baja ringan menjadi pilihan sebagai masyarakat untuk dijadikan salah satu material dalam membangun rumah. Baja ringan dinilai layak sebagai konstruksi atap rumah.

Namun begitu, masyarakat harus tahu bahwa material bangunan ini kurang baik bila didekatkan atau ditempelkan dengan sambungan listrik seperti lampu. Sebab, ada kejadian seseorang tersetrum karena atap rumahnya menggunakan baja listrik.

Baca Juga: Waspada Setrum Listrik di Baja Ringan, Instalasi Harus Dipasang dengan Benar!

Seperti pada video berudarasi 49 detik yang memperlihatkan warga sedang menggotong jenazah yang sudah meninggal dari atap rumah. Diduga orang yang dibawa tersebut meinggal karena tersengat listrik.

Viral

Mengutip akun instagram @ust*dz**n*l*b*d*n, seorang memakai kaos biru dengan celana hitam tengah digotong beberapa orang dari atas atap rumah ke bawah. Ketika tengah dikeluarkan dari atap, beberapa orang turut mengucapkan kaimat istghfar dan takbir.

Disampaikan dalam informasi unggahan tersebut, meminta kepada seluruh masyrakat untuk berhati-hati bagi rumahnya memakai baja ringan. Sebab baja ringan ternyata bisa membuat orang yang menyentuhnya bisa tersengat listrik alias kesetrum.

Baca Juga: Bahaya! Jangan Berteduh Dekat Instalasi Kelistrikan saat Hujan

"Hati2 yang rumahnya pake baja ringan karena sudah terbiasa membetulkan kabel listrik di rumah dengan konstruksi kayu, lupa ketika rumah yang akan diperbaikinya baja ringan. Artinya jika ada tikus yang merusak kabel dan nempel dikonstruksi baja ringan maka seluruh konstruksi tersebut sudah dialiri listrik," tulis akun tersebut seperti dikutip, Rabu (8/1/2020).

Terkait kronologi kejadian tersebut, sesorang berbaju biru naik ke atap rumah. Namun tiba-tiba terdengar suara lirih takbir dan kemudian tak terdengar suara lagi.

"Naik ke langit-langit, dengan ceria, ringan hati. Tiba-tiba terdengar suara lirih: Allahu Akbar. Setelah itu sunyi, dan tidak turun-turun. Barulah teman-teman yang lain sadar. Teman tersebut sudah meninggal," tambahnya.

Dengan kejadian itu, masyarakat yang rumahnya memakai baja ringan untuk berhati-hati. Apalagi, jika kabel listrik yang terpasang tidak ada pelindungnya.

"Kalau seluruh konstruksi baja ringan, maka seluruh baja yang terkait pasti dialiri listrik, mau ke kanan mau ke kiri, mau ke atas mau ke bawah seluruhnya berlistrik," tulis akun tersebut.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini