nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menteri PUPR: Selama Cuaca Ekstrem Seluruh Balai di Indonesia Harus Siaga

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Rabu 08 Januari 2020 19:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 08 470 2150784 menteri-pupr-selama-cuaca-ekstrem-seluruh-balai-di-indonesia-harus-siaga-2gVtWMPIsO.jpg Mobil Kebanjiran (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Indonesia masih menghadapi musim hujan. Puncak musim penghujan diramalkan akan datang pada bulan depan. Merespons akan hal itu, Menteri Pekerjaan dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meminta seluruh masyarakat untuk bersiap-siap menghadapinya.

“Menghadapi musim hujan yang diperkirakan mencapai puncaknya pada Februari dan Maret, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menginstruksikan seluruh balai di Indonesia agar siaga di wilayah kerjanya,” tulis Kementerian PUPR lewat akun Instagram resminya @kemenpupr, Rabu (8/1/2020).

Baca Juga: Pasca-Banjir Cat Rumah Rusak, Bisakah Langsung Beralih ke Wallpaper?

Menteri yang hobi bermain drum ini juga mengimbau personil dan peralatan yang sekiranya diperlukan agar penanganan darurat ketika terjadi bencana dapat direspons dengan cepat.

“Saya instruksikan kepada seluruh Balai di Indonesia, khususnya Balai Sungai selama cuaca ekstrem yang menurut BMKG sampai Maret, semua harus siap,” sambung Menteri Basuki.

Sebelumnya Menteri Basuki pernah mengungkapkan keinginannya untuk mencegah banjir di kawasan Jabodetabek dengan menyelesaikan persoalan di hulu, tengah, dan hilir.

Bak Tsunami, Kondisi Perumahan Pondok Gede Permai usai Banjir 

Pada bagian hulu hadir proyek Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi yang konstruksinya sudah mencapai 45%. Sedangkan bagian tengah akan dilakukan pelebaran pada sungai-sungai di Jakarta untuk meningkatkan daya tampung air. Adapun pada bagian hilir dilakukan pembangunan sodetan untuk Sungai Ciliwung ke arah Banjir Kanal Timur (BKT).

Kementerian PUPR juga menanyakan kesiapan pengikut media sosialnya dalam menghadapi cuaca ekstrem. “Bagaimana dengan Sahabat? Apa saja persiapan Sahabat menghadapi puncak musim hujan?” Tanya KemenPUPR.

Baca Juga: Proyek Kereta Cepat Dituding Penyebab Banjir Tol Japek, Begini Reaksi KCIC

Unggahan Kementerian PUPR sampai saat ini telah disukai sebanyak 3.933 kali dan dikomentari sebanyak 48 kali. Berikut komentar-komentar netizen:

“Bismillah, semoga dimudahkan semua. Selamat bertugas,” komentar akun @t**f*n*k*rn**t*n.

“Pak bas itu pemda dki kt ny cuma ngandelin pompa air doang kok gak korek2 got,kali y????kalau airny byk dan gak ketampung gimana tu banjir lg dong salah pompa lagi nih,” imbuh @r*g*n*_ch**l**.

“Siappp Grakkkk Tetap Semangat P Bas.. Semoga Allah SWT memberi kesehatan dan kekuatan.. Aamiin,” tulis @m*ry*nt*y*l*.

“Terimakasih buat himbauan nya pak... Semoga Pak Bas selalu sehat...,” kata akun @l*ly*h*ndr*5360.

“Mantaaap pak Menteri...semua harus Siap sebelum terjadi .....jangan seperti yg terjadi kemarin semua banjir merata karena itu di jajaran Gubernur DKI dan Gubernur Jawabarat dan Gubernur Banten beserta jajaran nya juga harus bekerja mengatasi jangan sampai terjadi Banjir susulan bekerjalah untuk kepentingan Rakyat nya,” komentar @s*ngg*l.s*n*g*.

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini