nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hubungan dengan AS Memanas, Ini 8 Pengusaha Sukses Keturunan Iran

Vania Halim, Jurnalis · Jum'at 10 Januari 2020 18:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 10 320 2151532 hubungan-dengan-as-memanas-ini-7-pengusaha-sukses-keturunan-iran-1FPE0IrSds.png Pengusaha AS-Iran (Foto: Business Insider)

JAKARTA - Ketegangan Amerika Serikat (AS) dengan Iran kian meningkat pasca-intelijen AS menyebut jatuhnya pesawat maskapai Ukraina ditembak jatuh rudal Iran.

Jauh sebelum itu, hubungan AS dengan Iran sudah memanas setelah tewasnya Jenderal Iran Qassem Soleimani serangan udara yang diperintahkan oleh Presiden AS Donald Trump.

Memanasnya AS-Iran berpotensi menimbulkan perang dunia III. Kendati ketegangan antar-kedua negara meningkat, ternyata ada komunitas Iran-Amerika di seluruh negeri dan mereka membentuk bagian vital dari AS.

Biro sensus memperkirakan bahwa hampir setengah juta orang AS memiliki keturunan Iran. Lebih dari 27.000 warga Iran-Amerika yang tinggal di wilayah metropolitan San Francisco-Oakland-Hayward sangat penting bagi Silicon Valley, di mana pekerja teknologi terampil sangat dibutuhkan.

Berikut daftar perusahaan besar yang dipimpin atau didirikan oleh orang Iran-Amerika seperti dilansir Business Insider, Jakarta, Jumat (10/1/2020):

1. Dara Khosrowshahi

Dara Khosrowshahi adalah CEO Uber. Saat tiba di AS sebagai pengungsi Iran ketika berusia 9 tahun. Khosrowshahi adalah mantan CEO Expedia.

Dia melarikan diri dari Iran ketika saat berusia 9 tahun, ketika konglomerat farmasi utama keluarganya yang terkenal ditangkap dan dinasionalisasi oleh Pemerintah Iran.

2. Arash Ferdowsi

Arash Ferdowsi adalah pengusaha sekaligus miliarder Iran-Amerika. Dia adalah salah satu pendiri Dropbox.

3. Sam Nazarian

Sam Nazarian adalah pengusaha hingga investor Iran-Amerika. Dia adalah Pendiri, Ketua dan CEO SBE Entertainment Group.

Dia memiliki beberapa klub malam, hotel, dan restoran, termasuk Hotel SLS dan Umami Burger. Dia tumbuh di California setelah keluarga Yahudi Persia meninggalkan Teheran setelah Revolusi Iran.

4. Paul dan David Merage

Hot Pockets, diciptakan oleh dua saudara imigran Iran, Mereka lahir di Teheran. Kakak beradik ini mendapatkan ide untuk perusahaan mereka setelah menyelesaikan kuliah di California.

5. Pierre Omidyar

Pierre dilahirkan dalam keluarga Iran Perancis, dia pindah ke AS pada usia 6 tahun. Dia mendirikan eBay pada tahun 1995.

6. Sasan Goodarzi

Keluarganya berimigrasi ke AS sebelum Revolusi Iran, ketika ia baru berusia 10 tahun. Dia diangkat menjadi CEO Intuit pada Januari 2019 setelah 15 bekerja di perusahaan itu. Keluarga Goodarzi menjadi imigran generasi pertama dan kedua.

7. Sean Rad dan Justin Manteen

Manteen dibesarkan dalam komunitas Persia-Yahudi di Beverly Hills. Rad mendirikan Tinder pada tahun 2012 setelah lulus dari Universitas Southern California.

8. Ali Rowghani

Ali lahir di Iran. Dia adalah mitra di Y Combinator, akselator startup yang membantu meluncurkan Airbnb, Instacart, dan DoorDash.

1
4
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini