nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Infrastruktur Ini Berhasil Tangkal Banjir di Bandung, Apa Saja?

Vania Halim, Jurnalis · Rabu 15 Januari 2020 11:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 15 320 2153083 4-infrastruktur-ini-berhasil-tangkal-banjir-di-bandung-apa-saja-zqlDG7cYg2.jpeg Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Foto: Kementerian PUPR)

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pihaknya akan terus bersinergi dengan Kementerian PUPR untuk menangani isu banjir. Saat ini, Kementerian PUPR telah menyelesaikan pembangunan Terowongan Nanjung di Kabupaten Bandung sebagai bagian Sistem Pengendalian Banjir Sungai Citarum

“Cekungan Bandung tidak ada berita negatif karena air yang biasa kumpul di titik-titik tersebut bisa dialirkan dengan cepat melalui Terowongan Nanjung. Kami berkomitmen untuk melakukan percepatan pengendalian banjir sehingga potensi banjir bisa lebih dikendalikan,” ucap Ridwan Kamil dilansir dari laman PUPR, Rabu (15/1/2020).

Baca Juga: Rawan Banjir, Kemenkeu Sudah Asuransikan Sejumlah Aset Negara

Di samping Terowongan Nanjung, terdapat infrastruktur pengendali banjir di Bandung Selatan lainnya yakni Embung Gedebage, Kolam Retensi Cieunteung dan Floodway Cisangkuy.

“Floodway Cisangkuy ini sudetan untuk masuk ke Sungai Citarum di hilir Dayeuhkolot yang langganan banjir. Debit banjir akan kita alirkan ke Floodway Cisangkuy minimal 220 m3/detik sehingga yang lewat Sungai Cisangkuy yang asli hanya 5 m3/detik. Ini akan mengurangi beban Sungai Citarum di Dayeuhkolot,” tutur Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Menteri Basuki

Ditargetkan pembangunan Floodway Cisangkuy sepanjang 1.7 kilometer ini selesai pada Oktober 2020. Bertindak selaku kontraktor adalah PT PP.

“Target saya dengan Gubernur Jawa Barat tahun 2020 ini pembangunan infrastruktur pengendali banjir di Citarum Hulu selesai, sehingga mulai tahun depan bisa fokus ke hilir seperti Karawang, Muara Gembong dan Cibeet,” tambah Menteri Basuki.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini