nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rapat BPK dengan Komisi XI DPR Soal Jiwasraya Ditunda

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 17:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 16 320 2153873 rapat-bpk-dengan-komisi-xi-dpr-soal-jiwasraya-ditunda-x75rprts8V.jpg Jiwasraya (Okezone)

JAKARTA - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi CI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) batal menggelar rapat konsultasi yang diagendakan pada hari ini, Kamis (16/1/2020), pukul 14.00 WIB. Salah satu agenda rapat tersebut yakni membahasa perkembangan persoalan pengelolaan keuangan di PT Asuransi Jiwasraya (Persero), PT ASABRI, dan AJB Bumiputera.

Berdasarkan keterangan surat yang diterima Okezone, Penundaan rapat tersebut merupakan permintaan dari BPK kepada DPR. Surat tertanggal 15 Januari 2020 tersebut ditandatangani oleh Ketua BPK Agung Firman Sampurna dengan tujuan kepada Ketua DPR dan tembusan kepada Pimpinan Komisi XI DPR.

 Baca juga: DPR Bentuk Pansus Jiwasraya, Nasabah: Yang Penting Kita Dibayar

"Bahwa tanpa mengurangi rasa hormat kami dengan Pimpinan DPR, khususnya Komisi XI, kami informasikan bahwa pada tanggal dan hari tersebut (16 Januari 2020) kami telah teragenda umuk menghadiri beberapa kegiatan," tulis surat tersebut, sepeti yang dikutip, Kamis (16/1/2020).

Agenda yang dimaksud adalah pembahasan bersama Tim Penilai Akhir untuk Jabatan Tinggi Madya di BPK yang telah tenunda selama 6 bulan terakhir. Pengisian tersebut diperlukan lantaran untuk mendukung pelaksanaan tugas mandatori BPK yaitu pemeriksaan laporan keuangan.

 Baca juga: Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Kasus Jiwasraya Jadi Angin Segar untuk Nasabah

Selain itu, pada bulan Januari BPK juga masih merampungkan persiapan pemeriksaan laporan keuangan kementerian dan lembaga tahun anggaran 2019. Mengingat, pada tahun ini tenggat waktu pemeriksaan dipercepat.

Oleh sebab itu, BPK mengajukan untuk rapat pada hari ditunda dan berganti ke hari Senin, tanggal 3 Februari 2020. "Kami mengusulkan agar rapat konsultasi dimaksud dijadwalkan kembali pada hari Senin tanggal 3 bulan Februari tahun 2020 bertempat di Kantor Pusat BPK," tulis surat tersebut.

 Baca juga: Ada Kasus Jiwasraya, OJK: Industri Asuransi Stabil Tapi Butuh Perhatian Lebih Serius

Berdasarkan pantauan Okezone, memang ruangan Komisi XI nampak sepi dan tertutup pada pukul 14.00 WIB. Hingga pada akhirnya kabar rapat dibatalkan pun diketahui melalui surat tersebut pada sekira pukul 15.00 WIB.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini