Subsidi Gas Elpiji 3 Kg Dialihkan, YLKI Minta Pemerintah Tetapkan Harga Eceran Tertinggi

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 10:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 17 320 2154139 subsidi-gas-elpiji-3-kg-dialihkan-ylki-minta-pemerintah-tetapkan-harga-eceran-tertinggi-grm8dwcPao.jpg Gas Elpiji 3 Kg. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Pemerintah berencana mengalihkan pemberian subsidi gas 3 kilogram (kg). Dengan demikian, harga gas elpiji 3 kg bakal mengalami kenaikan.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) memberikan catatan khusus perihal harga elpiji 3 kg. Jika memang harganya naik, pemerintah harus mengawasi distribusi gas elpiji 3 kg ke pasaran.

Baca Juga: Subsidi Elpiji 3 Kg Dicabut, KESDM Tunggu Data Masyarakat Miskin dari Kemensos

Pemerintah diminta memberikan jaminan harga agar tidak terlalu melambung tinggi dengan cara menetapkan HET (Harga Eceran Tertinggi).

"Jika hal ini terjadi akan mengganggu daya beli masyarakat dan memicu inflasi secara signifikan," kata Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi kepada Okezone, Jumat (17/1/2020).

Pertamina Pastikan Pasokan Elpiji Aman pada Ramadan dan Idul Fitri 1440 H 

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengubah penyaluran subsidi tabung gas elpiji 3 kilogram (kg). Perubahan skema penyaluran yang akan dilakukan pada awal semester II-2020 ini bertujuan agar penyalurannya bisa tepat sasaran.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan, penetapan harga tabung gas sesuai keekonomian ini sama dengan penentapan harga untuk tabung gas elpiji 12 kilogram. Hanya saja saat ditanya mengenai harga jual tabung gas elpiji 3 kilogram ini, Djoko enggan menjawabnya.

Sementara itu, Okezone pun mencoba menghitung secara manual harga tabung gas elpiji berdasarkan harga per kilogram yang dijual. saat ini harga tabung gas elpiji 12 Kilogram sekitar Rp141.000 per tabung.

Artinya, setiap Kilogramnya harga jualnya adalah Rp11.750. Jika mengacu pada data tersebut artinya harga tabung gas elpiji 3 kilogram akan dijual sekitar Rp35.250 hasil dari Rp11.750 dikalikan 3 kilogram.

Polemik Kenaikan Gas Elpiji 3 Kg

Artinya ada kenaikan harga yang cukup signifikan dibandingkan dengan harga sebelumnya. Saat ini harga tabung gas elpiji ini berada di kisaran Rp20.000 hingga Rp21.000 per 3 kilogram.

"Uang subsidinya ditransfer langsung ke orang miskin tersebut. (penetapan harga tabung gas elpiji 3 kilogram) sama dengan elpiji 12 kg, (iya berdasarkan keekonomian)," ucap Djoko.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini