Subsidi Elpiji 3 Kg Bakal Dicabut, Agen Gas Mengaku Belum Tahu

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 17 320 2154154 subsidi-elpiji-3-kg-bakal-dicabut-agen-gas-mengaku-belum-tahu-dWpLk3qlDo.jpg Gas Elpiji 3 Kg. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Rencana Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam mengalihkan subsidi gas elpiji 3 kilogram menuai banyak komentar. Masyarakat, khususnya para agen gas yang sering disebut gas melon itu, mengaku belum mengetahui rencana pemerintah dalam mengubah skema penyaluran itu.

"Wah kalau itu belum tahu," ungkap Pak Didi, salah satu agen gas elpiji di kawasan Bintara Raya, Bekasi Barat, Bekasi, Jumat (17/1/2020).

Baca Juga: Subsidi Elpiji 3 Kg Dicabut, KESDM Tunggu Data Masyarakat Miskin dari Kemensos

Dirinya bahkan baru mendengar kabar tersebut saat diwawancara Okezone. Pria berkacamata itu juga mengatakan jika ada kenaikan gas elpiji 3 kilogram harus disosialisasikan secara bertahap agar informasi yang diterima masyarakat tidak setengah-setengah.

"Kalau ada rencana kenaikan harus dikasih tahu, menyebar begitu informasinya," papar Didi seraya membetulkan kacamatanya.

Sama halnya dengan Ibu Sutarno. Pemilik agen gas elpiji lain di kawasan yang sama menyatakan ketidaktahuannya mengenai adanya perubahan skema subsidi penyaluran.

Polemik Kenaikan Gas Elpiji 3 Kg 

"Emangnya mau naik? Bisa sampai Rp35 ribu? Enggak tahu tuh saya," aku Sutarno.

Dia juga menyayangkan rencana pemerintah yang berencana mengubah subsidi gas elpiji 3 kilogram.

"Kasihan sama rakyat kecil, kenaikannya tinggi banget," ucap wanita berkerudung itu.

Sebagai tambahan, subsidi untuk tabung gas elpiji 3 kilogram tidak sepenuhnya dicabut. Hanya mengalihkan mekanisme penyalurannya saja agar lebih tepat sasaran.

"Tidak benar. Jadi subsidi akan diarahkan ke penerima bukan komoditi," papar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi, Kamis (17/1/2020).

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini