Pemangkasan Jabatan Eselon III-V Bikin Daya Saing RI Naik?

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 03:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 17 320 2154414 pemangkasan-jabatan-eselon-iii-v-bikin-daya-saing-ri-naik-WoyAOlj0Pd.jpg Ilustrasi Pegawai Negeri Sipil. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah akan melakukan pemangakasan pada jabatan eselon III, IV dan V. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan daya saing Indonesia.

Penyederhanaan birokrasi merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan peringkat daya saing . Seperti yang diketahui, saat ini Indonesia berada di peringkat 50.

Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, salah satu indikator untuk menetapkan indeks tersebut adalah human capital. Saat ini Indonesia masih terus berusaha untuk menjadi yang terbaik di Asia Tenggara dari sisi human capital.

Untuk meningkatkan human capital di Tanah Air, salah satu caranya yaitu dengan pemangkasan birokrasi. Semakin mudah birokrasi, maka target pemerintah dapat tercapai.

Langkah ini berkaitan dengan penataan formasi dan peta jabatan yang terkait dengan pola karier. Selain itu, pengalihan jabatan ini juga akan dibarengi dengan pola pengembangan kompetensi serta manajemen kinerja.

Baca selengkapnya: Agar Tak Tertinggal dari Vietnam, Alasan Jokowi Pangkas Jabatan Eselon III-V

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini