nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

66,6% Ekspor Edamame Berasal dari Jember

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 13:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 18 320 2154722 66-6-ekspor-edamame-berasal-dari-jember-lZr1q8Kwzu.jpg Pelabuhan. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Kegiatan ekspor pada masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) makin gencar dilakukan. Hal ini melihat dari kegiatan ekspor melalui Kementerian Pertanian (Kementan) dari komoditas edamame.

Edamame telah diekspor oleh daerah Jember, Jawa Timur yang menjadi daerah pengekspor kacang kedelai muda yang masih di dalam polong ini. Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bahkan melepas langsung ekspor edamame ini.

Baca Juga: Turun, Ekspor Sepanjang 2019 Capai USD167,53 Miliar

“Berdasarkan data Badan Karantina Peranian, selama 2019, total ekspor edamame secara nasional mencapai 6.790,7 ton,” tulis Kementan lewat akun Instagram resminya @kementerianpertanian, Sabtu (18/1/2020).

Mengacu pada data ekspor edamame pada 2018, tercatat ekspor meningkat sebesar 715,7 ton dari angka 6.075 ton.

Baca Juga: Ekspor Desember Naik, Penyumbangnya Produk Pertanian

“Adapun 66,6% ekspor edamame berasal dari Jember,” lanjut Kementerian yang dipimpin oleh Syahrul Yasin Limpo itu.

Kementerian Pertanian juga tak lupa mengajak para petani muda untuk memajukan dunia tani di Indonesia. “#PetaniMilenial, kalian jiga bisa lho jadi bagian dalam #PertanianIndonesiaMaju. Yuk semangat!”

Unggahan milik Kementan sampai saat ini telah disukai sebanyak 2.803 kali dan dikomentari sebanyak 39 kali. Berikut komentar-komentar warganet:

“Mohon pencerahnnya utk pemasaran edamame dan hrga jualnya,” tulis @r*j*bm*rj*k*.

“Semangat terus kawan-kawan #PetaniMilenial. Bangun negeri ini dgn memanfaatkan sumberdaya alam untuk kemakmuran rakyat,” kata akun @*rd*_*nd*n*s**.

“Dan itu rasanya sangat pueeeeenak pak menteri kawan kawan dulu saat magang juga disitu jioooooos pokoknya rasanya dan sangat gede kedelai edamamenya,” imbuh @lm*j*r*ngg*r*.

“Mau coba tani, gak punya lahan dan dana terbatas 😂 Semangat nya ada, faktor pendukung nya gak ada 😅,” curhat akun @*rr*s*mm*n**l.

“Wahhh aku kira karna namanya itu yang terkesan asing, brarti impor dari sana, ternyata Indonesialah trutama Jember malah jadi andalan, mantappp 👍👍👍👍,” komentar @s*v*n*vf*l*x.

Tautan: https://www.instagram.com/p/B7Qkou5Jvth/

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini