nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sasar Milenial AS, Ekspor Kombucha Capai Rp47,8 Miliar

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 18:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 18 320 2154778 sasar-milenial-as-ekspor-kombucha-capai-rp47-8-miliar-1nbRHrnVah.jpg Laporan Keuangan (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Kombucha merupakan minuman sehat yang saat ini sedang digandrungi banyak orang. Apa itu kombucha?

Kombucha adalah teh dari hasil fermentasi. Teh ini terbuat dari campuran teh dengan symbiotic colony bacteria and yeast (SCOBY) yang difermentasi.

Kementerian Perdagangan menyatakan, kombucha dapat meningkatkan peluang ekspor negara ke luar negeri.

Baca Juga: Turun, Ekspor Sepanjang 2019 Capai USD167,53 Miliar

"Ternyata, teh fermentasi ini bisa jadi peluang meningkatkan ekspor Indonesia, khususnya ke Amerika Serikat," tulis Kemendag yang dilansir dari akun Instagramnya pada Sabtu (18/1/2020).

Kombucha tengah menjadi tren gaya hidup sehat para milenial di luar negeri, khususnya Amerika Serikat (AS). Minuman ini memiliki banyak manfaat karena kaya akan probiotik dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Baca Juga: Ekspor Desember Naik, Penyumbangnya Produk Pertanian

Kombucha telah menggeser gaya hidup anak muda AS yang dulunya sering mengonsumsi minuman soda. Inilah yang membuat penjualan kombucha menjadi berkembang pesat.

Kemendag mengatakan, kombucha mengalami pertumbuhan pesat sejak 2017. Hal ini dikarenakan teh fermentasi ini dinilai sebagai minuman sehat yang memberikan manfaat untuk sistem pencernaan dan detoksifikasi.

Pertumbuhan ekspor kombucha dapat dilihat dari ekspor teh fermentasi ini ke AS periode Januari hingga Oktober 2019 meningkat 8,7% dibanding periode sebelumnya. Ekspor kombucha ini sebesar keUSD3,5 juta setara Rp47,82 miliar.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini