nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Baru Menikah? Ini Tips Menyusun Keuangan Keluarga

Hairunnisa, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 19:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 18 320 2154882 baru-menikah-ini-tips-menyusun-keuangan-keluarga-UaUK9LrMLE.jpg Foto: (Ist)

JAKARTA - Kebanyakan pasutri baru belum bisa mengerti tentang seluk-beluk anggaran belanja keluarga. Di samping itu mereka juga masih terbiasa dengan cara-cara saat masih hidup melajang.

Namun, ketika mereka sudah mengerti jika sebuah keluarga harus mencukupkan gaji atau pendapatannya sampai akhir bulan, ini merupakan suatu kewajiban untuk mulai belajar menyusun anggaran dengan baik dan benar.

Kutip dari buku Ngatur Keuangan Keluarga Itu... Gampang! terbitan 2017 Yohanes Haryono, Sabtu (18/1/2020), bisa dipastikan keluarga yang tidak mengatur keuangannya dengan baik dan benar akan selalu kekurangan uang.

Dalam keluarga memang sangat diperlukan disiplin diri antara suami dan istri perlu saling mengingatkan bahwa pengeluaran harus sesuai denga rencana yang ditetapkan bersama.

Pada kenyataannya setiap orang cenderung membelanjakan uang semaunya sesuai dengan keinginan hatinya. Misalnya, ketika mau berangkat ke mal, niat mereka hanya membeli bedak dan lipstik, tapi sesampainya di sana setelah melihat barang-barang yang menggiurkan mereka akan berubah pikiran yang akhirnya membuat mereka membeli barang-barang yang tidak perlu.

Sesampainya dirumah, tidak jarang mereka menyesal karena baru menyadari barang-barang yang mereka beli belum begitu penting untuk dipakai dan hanya untuk disimpan. Namun penyesalan hanyalah sebuah penyesalan dan perbuatan tersebut pasti akan terualang lagi.

Oleh sebab itu banyak orang tua yang selalu berpesan kepada anak-anaknya untuk membuat daftar barang apa saja yang akan dibeli sebelum belanja. Pastikan barang yang akan kamu beli itu benar-benar barang yang kamu butuhkan.

Daftar tersebut harus selalu kamu patuhi, perlu ada pengendalian diri yang kuat untuk tidak mengeluarkan uang sembarangan tanpa adanya rencana. Jadi harap biasakanlah belajar dalam menyusun anggaran belanja keluarga.

(Baca Juga: Heboh Investasi Bodong MeMiles, Kenapa Masyarakat Mudah Tertipu?)

(kmj)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini