nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspadai Kebocoran Arus Listrik, Kenali Sebabnya

Hairunnisa, Jurnalis · Minggu 19 Januari 2020 18:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 19 320 2155133 waspadai-kebocoran-arus-listrik-kenali-sebabnya-1tCM7yVOzT.jpg Ilustrasi Meteran Listrik (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengimbau masyarakat untuk melakukan pemeriksaan instalasi listrik rumah. Hal ini sebagai antisipasi jika terjadi kebocoran arus listrik yang disebabkan cara penyambungan atau kondisi kabel listrik yang buruk.

“Kabel yang rusak inilah yang menyebabkan kabel terkelupas. Kabel yang kulitnya sudah terkelupas berbahaya karena memicu percikan api dan kebakaran. PLN menyarankan masyarakat memiliki Sertifikat Laik Operasi (SLO),” tulis PLN UID Jakarta Raya, dilansir dari akun Instagramnya pada Minggu (19/1/2020).

Baca Juga: kWh Meter Muncul Tulisan "Periksa"? Ini Penjelasan PLN

Faktor lain akibat dari arus balik pembumian. Arus balik pembumian terjadi karena cara sistem pembumian instalasi rumah yang buruk atau tidak tepat.

Baca Juga: Kapasitas Pembangkit Listrik Selama 2019 Meningkat 4,2 GigaWatt

PLN mengatakan, sistem pembumian ini sangat penting. Hal ini dikarenakan sistem tersebut berfungsi sebagai pengaman apabila terjadi gangguan. Sebelumnya beredar kejadian seseorang tersetrum karena atap rumahnya menggunakan baja listrik.

Seperti pada video berudarasi 49 detik yang memperlihatkan warga sedang menggotong jenazah yang sudah meninggal dari atap rumah. Diduga orang yang dibawa tersebut meinggal karena tersengat listrik.

Mengutip akun instagram @ust*dz**n*l*b*d*n, seorang memakai kaos biru dengan celana hitam tengah digotong beberapa orang dari atas atap rumah ke bawah. Ketika tengah dikeluarkan dari atap, beberapa orang turut mengucapkan kaimat istghfar dan takbir.

Disampaikan dalam informasi unggahan tersebut, meminta kepada seluruh masyrakat untuk berhati-hati bagi rumahnya memakai baja ringan. Sebab baja ringan ternyata bisa membuat orang yang menyentuhnya bisa tersengat listrik alias kesetrum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini