nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Instruksi Presiden Jokowi, Labuan Bajo untuk Perhelatan G-20 dan ASEAN Summit

Vania Halim, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 14:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 20 320 2155497 instruksi-presiden-jokowi-labuan-bajo-untuk-perhelatan-g-20-dan-asean-summit-eCGlTuCtJD.jpeg Presiden Jokowi Tinjau Kesiapan Labuan Bajo. (Foto: Okezone.com/Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan supaya segera menyelesaikan pekerjaan besar seperti infrastruktur, lanskap, sampah, serta kekurangan air baku di Labuan Bajo. Hal ini karena Labuan Bajo dipersiapkan sebagai tempat perhelatan G-20 dan ASEAN Summit pada 2023.

“Semuanya ini kita siapin dan kita harapkan akhir tahun ini selesai sehingga 2021 itu langsung Kementerian Pariwisata bisa promosi besar-besaran,” ujar Presiden, dilansir dari Setkab, Senin (20/1/2020).

Baca Juga: Jadi Destinasi Super Premium, Jokowi Percantik 5 Zonasi Labuan Bajo

Soal sampah, Presiden menyampaikan bahwa akan dikirimkan kapal untuk membersihkan dan mulai Februari nanti juga akan bergerak ke bawah laut untuk mengambil sampah. Meskipun belum banyak, menurut Presiden, harus dimulai.

Baca Juga: Jokowi Minta Gubernur dan Bupati Selesaikan Sengketa Tanah di Labuan Bajo

Dia menegaskan bahwa jangan sampai ada sampah di Labuan Bajo ini. “Yang di darat nanti Kementerian PU akan mempersiapkan incenerator dan juga tempat pembuangan sampah akhirnya, dan juga yang paling penting juga pendidikan masyarakat mengenai budaya sampah,” ujar Kepala Negara.

Jokowi mengatakan, nantinya akan ada lima zona atau kawasan di Labuan Bajo yang ditata oleh pemerintah. Hal tersebut diungkapkannya saat memimpin Rapat Terbatas mengenai Pengembangan Destinasi Wisata Labuan Bajo di Plataran Komodo Resort, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Ada lima zona yang harus kita tata, yaitu yang pertama yang ada di Bukit Pramuka, kemudian kedua yang di Kampung Air, ketiga di pelabuhan peti kemas dan dermaga penumpang, dan kemudian yang keempat di kawasan marina, yang kelima di zona Kampung Ujung,” ujar Presiden Joko Widodo.

Jokowi menyampaikan, lima zona tersebut dibangun menjadi ruang untuk publik. Dari tempat tersebut, wisatawan dihadapkan dengan pemandangan yang indah. Kelima zona ini menjadi generator penggerak pembangunan dan pusat aktivitas masyarakat di Labuan Bajo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini