nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Desain Rumah dengan Lahan Sempit

Hairunnisa, Jurnalis · Senin 20 Januari 2020 14:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 20 470 2155501 cara-desain-rumah-dengan-lahan-sempit-qdrf7jHRGM.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Membangun sekaligus mendesain interior rumah impian mungkin adalah harapan semua orang. Akan tetapi bagaimana jika lahan tersebut sangat terbatas? misalnya, untuk ukuran rumah seluas 20m x 10m dengan luas bangunan 108 m2 dan luas lahan 200 m2.

Bagi kalian yang ingin membangun rumah dengan luas 20m x 10m, maka kalian harus membuat interior desain rumah yang minimalis. Pilihan ini menjadi salah satu pilihan utama saat akan membangun rumah di lahan sempit, agar rumah terlihat luat dan enak di pandang.

Baca Juga: Ide Kreatif Bikin Pernak-pernik Natal yang Low Budget

Mengutip dari buku 28 Ide Desain Rumah Minimalis Hemat Biaya & Energi terbitan 2018, karya Bintang Pandu W., dkk. Senin (20/1/2020), memberikan contoh bagaimana mendesain rumah dengan model Double screen di luas 20m x 10m yang berorientasi ke selatan. Bangunan satu lantai ini diolah sedemikian rupa dengan mengangkat konsep utama hemat energi.

Pada bangunan satu lantai ini terdiri dari 1 lahan parkir mobil, ruang makan, dapur, ruang keluarga, dua kamar tidur, dengan 2 kamar mandi (1 kamar mandi berada di dalam kamar utama), dan terdapat dua kolam, serta dilengkapi oleh teras depan dan belakang rumah.

rumah

Bangunan ini sangat mengutamakan fungsi cross ventilation yang aktif di setiap ruangan sehingga dapat mengurangi penggunaan AC dan mengalihkannya ke penghawa alami. Hal ini jelas akan sangat menekan penggunaan energi yang berlebihan.

Selain itu, rumah ini juga menerapkan fungsi pencahayaan yang alami. Dengan demikian saat menjelang siang atau sore hari, lampu tidak perlu dinyalakan karena cahaya dapat masuk ke dalam ruangan.

Doble screen sendiri difungsikan untuk melindungi dinding utama dari sebuah bangunan, misalnya melindungi dari radiasi matahari secara langsung.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini