nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BI Pantau Ketat Ekonomi Global dan Domestik

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Kamis 23 Januari 2020 14:57 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 23 20 2157204 bi-pantau-ketat-ekonomi-global-dan-domestik-qLC8K4gNJx.jpg Bos BI soal Ekonomi RI (Foto: Twitter BI)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) akan mencermati perkembangan ekonomi global dan domestik dalam memanfaatkan ruang bauran kebijakan yang akomodatif untuk menjaga tetap terkendalinya inflasi dan stabilitas eksternal, serta turut mendukung momentum pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Gara-Gara Ini BI Tahan Suku Bunga Acuan 5%

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, koordinasi Bank Indonesia dengan Pemerintah dan otoritas terkait terus diperkuat guna mempertahankan stabilitas ekonomi, mendorong permintaan domestik, serta meningkatkan ekspor, pariwisata, dan aliran masuk modal asing, termasuk Penanaman Modal Asing (PMA).

"Prospek pemulihan ekonomi dunia di 2020 mulai terlihat dan mendukung berlanjutnya penurunan ketidakpastian pasar keuangan global," kata Perry dalam konferensi pers di Kantor Pusat BI, Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Baca Juga: Awal Tahun, BI Kembali Tahan Suku Bunga Acuan 5%

Menurut Perry, perbaikan ekonomi global terutama didukung oleh perkiraan pertumbuhan di sejumlah negara berkembang yang lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya.

Beberapa indikator dini global terkait indeks manufaktur, indeks pemesanan ekspor, indeks produksi, dan indeks keyakinan membaik dalam dua bulan terakhir 2019, didorong stimulus kebijakan yang ditempuh di banyak negara serta optimisme pasca kesepakatan fase 1 perundingan dagang AS-China.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini