Erick Thohir Pecat 2 Direktur Asabri, Siapa Saja?

Taufik Fajar, Jurnalis · Kamis 30 Januari 2020 16:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 30 320 2160754 erick-thohir-pecat-2-direktur-asabri-siapa-saja-yidKABBF7V.jpg Menteri BUMN Erick Thohir. (Foto: Okezone.com/Kementerian BUMN)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberhentikan dua direktur PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Indonesia (Asabri). Hal itu disampaikan dalam Salinan Keputusan (SK) Menteri BUMN tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Asabri.

Melansir keterangan Kementerian BUMN, Kamis (30/1/2020), salinan keputusan tersebut diserahkan pada hari ini di di Gedung Kementerian BUMN. Melalui Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-36/MBU/01/2020 tanggal 30 Januari 2020, Erick memberhentikan dengan hormat Herman Hidayat dan Rony Hanityo Apriyanto dari jabatan direktur.

Baca Juga: Benny Tjokro dan Heru Hidayat Janji Bayar Rp10,9 Triliun ke Asabri

Mengutip laman Asabri, Herman Hidayat menjabat sebagai direktur SDM dan umum. Sementara Rony Hanityo Apriyanto menjabat sebagai direktur keuangan dan investasi.

Keduanya diangkat berdasarkan Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-66/MBU/03/2016 tanggal 29 Maret 2016 dan SK-171/MBU/08/2019 tanggal 2 Agustus 2019.

Baca Juga: PPATK Diminta Telisik Transaksi Keuangan Asabri

Sebagai informasi, PT Asabri tengah menjadi sorotan publik setelah dinilai melakukan kerugian negara yang cukup besar. Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD melihat ada kemiripan modus korupsi yang terjadi di PT Asabri dengan Jiwasraya.

Namun demikian, pernyataan Mahfud dibantah Direktur Utama Asabri Sonny Widjaja. Dirinya menegaskan jika dana yang dikelola oleh pihaknya tidak hilang..

"Kepada seluruh peserta Asabri. Baik prajurit TNI, anggota Polri dan seluruh ASN Menhan dan Polri, saya tegaskan, saya menjamin bahwa uang kalian yang dikelola di Asabri aman. Tidak hilang, dan tidak dikorupsi," ucap Sonny dalam jumpa pers yang dilakukan di Gedung PT Asabri, kawasan Cawang, Jakarta Timur.

Dirinya pun menyangkal jika kabar yang menyebutkan terjadinya "masalah" di Asabri tidak benar. Dirinya mengimbau kepada seluruh anggota Asabri untuk tidak mudah terpengaruh, dan terprovokasi mengenai pemberitaan korupsi yang disebutnya tidak benar.

"Saya tegaskan bahwa berita-berita tersebut adalah berita-berita yang tidak benar," pungkasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini