Share

Presiden Jokowi Ingin Ibu Kota Baru Punya Kawasan Khusus seperti Silicon Valley

Hambali, Jurnalis · Kamis 30 Januari 2020 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 30 470 2160852 presiden-jokowi-ingin-ibu-kota-baru-punya-kawasan-khusus-seperti-silicon-valley-iHxSxPGIip.jpg Jokowi (Setkab)

TANGERANG SELATAN - Pembangunan ibu kota negara baru memasuki tahap pemetaan lahan. Lokasi yang ditunjuk sebagai ibu kota negara baru yaitu Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Nantinya di sana akan dibangun berbagai fasilitas penunjang sebagai pusat kota pemerintahan. Namun di awal proses itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap bahwa pemindahan ibu kota bukan sekedar perpindahan gedung-gedung baru. Melainkan juga, dibarengi dengan perubahan mendasar dalam sistem, maupun cara kerja baru.

 Baca juga: Lahan di Ibu Kota Baru Mulai Dipetakan

"Ini bukan hanya perpindahan gedung pemerintah, bukan perpindahan gedung-gedung kementerian, atau berpindah lokasi. Tetapi ini adalah momentum untuk kita menginstal sistem, menginstal cara kerja baru, dan juga transformasi baru ekonomi Indonesia," kata Jokowi usai Rakornas Iptek di Puspitek Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (30/1/2020).

Mendukung keinginan itu, menurut Jokowi, dia pun telah meminta agar dibuatkan area khusus berbentuk kluster. Sarana itu, diperuntukkan bagi pengembangan riset maupun inovasi secara nasional.

 Baca juga: Pembangunan Ibu Kota Baru Masuk Tahap Pemetaan Lahan

"Saya telah minta di ibu kota baru nanti disediakan kluster khusus untuk pengembangan riset dan inovasi, seperti Silicon Valley yang di dalamnya ada pusat riset dan inovasi kelas dunia," ucapnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini