nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Virus Korona Dinilai Berdampak Positif untuk Ekonomi AS, Kok Bisa?

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Jum'at 31 Januari 2020 14:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 31 20 2161232 virus-korona-dinilai-berdampak-positif-untuk-ekonomi-as-kok-bisa-5SgpjlYh6c.jpg AS (Reuters)

JAKARTA - Virus korona yang menyebar cepat telah menginfeksi ribuan orang di China dan menimbulkan kekhawatiran ekonomi global. Menurut Menteri Perdagangan Amerika Serikat (AS) Wilbur Ross, hal ini malah dapat berdampak positif pada ekonomi AS.

Ross mengatakan, virus korona akan membuat para pebisnis mempertimbangkan kembali rantai pasokan mereka. Hal ini bisa membantu mempercepat langkah di mana pekerjaan dan manufaktur kembali ke AS dari luar negeri.

 Baca juga: Perangi Virus Korona, Jack Ma Sumbang Rp196 Miliar

"Saya tidak ingin berbicara tentang kemenangan atas penyakit yang sangat disayangkan, sangat ganas. Tapi kenyataannya, ini memberi orang lain untuk mempertimbangkan kembali bisnis mereka ketika meninjau ulang rantai pasokannya," ujar Ross yang dilansir oleh CNBC pada Jumat (31/1/2020).

Virus korona menyebabkan "faktor risiko lain yang perlu diperhitungkan orang," kata Ross.

"Saya pikir ini akan membantu mempercepat pengembalian pekerjaan ke Amerika Utara," katanya.

 Baca juga: Virus Korona, Robot Dikerahkan Antar Makanan untuk Orang-Orang di Karantina China

Ross berkomentar beberapa minggu setelah Trump menandatangani kesepakatan perdagangan "fase satu" dengan China, yang meredakan beberapa ketegangan antara negara tersebut.

“Sebagaimana dijelaskan oleh Sekretaris Ross, langkah pertama adalah mengendalikan virus dan membantu para korban penyakit ini. Penting juga untuk mempertimbangkan konsekuensi melakukan bisnis dengan negara yang memiliki sejarah panjang dalam menutupi risiko nyata bagi rakyatnya sendiri dan seluruh dunia, ”kata seorang pejabat Departemen Perdagangan ketika dimintai komentar lebih lanjut tentang Ross.

“Untungnya, Departemen Perdagangan diperlengkapi untuk mendukung rakyat Amerika dan bisnis kita untuk melakukan keduanya,” ujar pejabat tersebut.

 Baca juga: Pejabat China: Identifikasi Awal, Pelaporan, hingga Isolasi Cara Terbaik Kendalikan Virus Korona

Ross pada hari Kamis menambahkan, perusahaan-perusahaan seperti Apple telah mengambil langkah untuk menutupi sebagian dari kehilangan produksi dari pemasok mereka di China.

CEO Apple Tim Cook mengatakan, perusahaannya memiliki pemasok di Wuhan, ibu kota provinsi Hubei, di mana pusat virus berasal.

"Saya pikir ada pertemuan faktor-faktor yang akan membuatnya sangat mungkin bahwa akan ada lebih banyak tanggapan terhadap AS, dan beberapa tanggapan terhadap Meksiko," kata Ross pada Fox.

Sementara itu, penasihat perdagangan Presiden Donald Trump, Peter Navarro menyarankanbahwa tarif AS untuk impor China tidak akan dicabut jika virus korona yang mematikan mulai membebani ekonomi China.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini