nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesan Jokowi untuk Angkasa Pura: Servis Cepat Itu adalah Kunci

Kuntadi, Jurnalis · Jum'at 31 Januari 2020 20:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 31 320 2161502 pesan-jokowi-untuk-angkasa-pura-servis-cepat-itu-adalah-kunci-eeP8w7gQoc.jpg Presiden Jokowi Meninjau Bandara YIA. (Foto: Okezone.com/Setkab)

KULONPROGO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pengelola bandara di Indonesia mengutamakan pelayanan yang cepat. Hal ini sebagai kunci supaya meningkatkan trafic penerbangan menjadi padat.

Ini yang harus dikejar dari setiap bandara. Demikian diungkap Kepala Negara saat melihat pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo.

“Semua bandara orientasi ke sana. Pelayanan yang cepat, servis cepat itu adalah kunci,” terangnya, Jumat (31/1/2020).

Baca Juga: Penerbangan dari Bandara Adisutjipto Mulai Dipindah ke Bandara Internasional Yogyakarta Akhir Maret

Sementara itu, Jokowi mengatakan, pembangunan YIA adalah pekerjaan besar yang dibangun dalam waktu yang cukup singkat, yaitu 20 bulan. “Selain penataannya yang bagus, YIA juga dikerjakan dengan cepat. Ini patut diapresiasi,” ujarnya.

Baca Juga: Beroperasi Maret, Menhub: Integrasi Antarmoda Bandara Internasional Yogyakarta Dioptimalkan

Presiden mengatakan, meski dikerjakan dalam waktu yang pendek namun YIA dibangun dengan baik. "Dengan kapasitas 20 juta penumpang per tahun, YIA harus diarahkan untuk dapat menerima penerbangan baru, slot baru, sehingga dapat mendatangkan turis sebanyak-banyaknya ke wilayah Yogyakarta dan sekitarnya,” imbuh Jokowi.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, bahwa progres pembangunan YIA ditargetkan tuntas 100 persen pada awal Maret 2020. “

YIA akan beroperasi secara penuh pada 29 Maret 2020 mendatang. Seluruh penerbangan di Bandara Adisutjipto akan dialihkan ke Kulon Progo kecuali penerbangan berjadwal dan tidak berjadwal yang menggunakan pesawat propeler serta penerbangan VIP dan general aviation,” kata Faik.

Menurut Faik, operasional YIA nantinya akan menjadi 24 jam dari sebelumnya hanya beroperasi 12 jam dari pukul 06.00-18.00 WIB. Sementara jam operasi Bandara Adisutjipto Yogyakarta berubah dari sebelumnya pukul 05.00-21.00 WIB, menjadi pukul 05.00-18.00 WIB. YIA nantinya juga didukung aksesibilitas multimoda seperti jalan tol dan kereta bandara yang akan terhubung langsung dengan bandara.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini