nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penerbangan dari Bandara Adisutjipto Mulai Dipindah ke Bandara Internasional Yogyakarta Akhir Maret

Kuntadi, Jurnalis · Jum'at 31 Januari 2020 20:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 31 320 2161499 penerbangan-dari-bandara-adisutjipto-mulai-dipindah-ke-bandara-internasional-yogyakarta-akhir-maret-xS5juIhjDb.jpg Bandara Internasional Yogyakarta. (Foto: Okezone.com)

KULONPROGO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) di Kabupaten Kulonprogo. Jokowi yakin akhir Maret penerbangan di Adisutjipto, Yogyakarta akan dipindah ke YIA.

“Pengalihan nanti 29 Maret, semuanya geser. Yang tersisa tinggal propiler atau pesawat baling-baling,” jelas Presiden, disela meninjau progress pembangunan, Jumat (31/1/2020).

Baca Juga: Beroperasi Maret, Menhub: Integrasi Antarmoda Bandara Internasional Yogyakarta Dioptimalkan

Dalam peninjauan ini, Presiden didampingi oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama dan Dirut PT Angkasa Pura I Faik Fahmi.

Pemindahan bandara diharapkan mampu mendatangkan wisatawan lebiuh besar lagi. Bandara ini akan mampu menampung peluang hingga 20 juta orang per tahun. Sedangkan di Adisutjipto selama ini hanya 8,1 juta penumpang.

Baca Juga: Yogyakarta International Aiport Pintu Masuk Turis Mancanegara, Ini Faktanya!

Sehingga dengan adanya kelonggaran hingga 11 juta, diharapkan mampu menarik rute penerbangan baru. Termasuk penerbangan langsung internasional.

“Slot-slot baru nanti, harus bisa membawa turis sebanyak-banyaknya ke Yogyakarta dan sekitarnya,” imbuh Jokowi.

Usai melakukan peninjauan, presiden mengaku puas dengan pekerjaan yang ada. Dia belum menemukan adanya kekurangan dalam proyek yang dilaksanakan selama 20 bulan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP).

“Sementara ini puas, kekurangannya saya belum melihat,” terang Presiden.

Jokowi justru memberikan apresiasi kepada PT PP yang mampu melaksanakan pekerjaan besar. Hanya dalam waktu 20 bulan, perusahaan plat metrah ini mampu menyelesaikan pembangunan runway sampai dengan pembangunan gedung seluas 219 meter persegi.

Saat ini pembangunan bandara YIA, sudah memasuki tahap akhir. Sesuai rencana pembangunan akan selesai pada akhir Maret mendatang bersamaan dengan dipindahnya penerbangan dari Adisutjipto, Yogyakarta.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini