nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Menarik Underpass Yogyakarta International Airport, Dilengkapi Suara Menteri Basuki

Irene, Jurnalis · Sabtu 01 Februari 2020 14:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 01 470 2161741 fakta-menarik-underpass-yogyakarta-international-airport-dilengkapi-suara-menteri-basuki-GPEI9YJtw7.jpg Underpass NYIA (Foto: Setkab)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan underpass di bawah areal terminal Bandara Internasional Yogyakarta (Yogyakarta International Airport/YIA) pada Jumat 31 Januari 2020.

Lantas apa saja fakta menarik dibalik underpass yang menghubungkan Desa Glagah dan Desa Paliyan, serta Temon, dan Kulonprogo ini?

"Ada sejumlah hal menarik dari underpass yang kemarin diresmikan Presiden @jokowi ini. Apa saja? Simak videonya!" tulis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam unggahan video Instagramnya, seperti dilansir Okezone, Sabtu (1/2/2020).

Baca Juga: Underpass Yogyakarta International Airport Diharap Tingkatkan Turis ke Candi Borobudur

Underpass YIA ini memiliki panjang 1.436 meter. Proyek ini merupakan hasil pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di bawah Direktorat Jenderal Bina Marga. Tidak hanya itu, underpass YIA ini menjadi underpass terpanjang yang ada di Indonesia.

Underpass ini juga dilengkapi berbagai fasilitas yang menunjang keamanannya. Di antaranya adalah jalur pembuangan, rumah pompa serta 8 pintu darurat di sisi kanan dan kiri jalan.

Baca Juga: Resmikan Underpass Terpanjang di Indonesia, Jokowi: Operasional Total di Maret

Mempercantik underpass terpanjang di Indonesia, underpass YIA ini dihias dengan berbagai ornamen berbentuk penari tradisional pada dinding dan gerbang. Barrier juga dihiasi ornamen khas lokal.

Pembangunan underpass YIA ini dibiayai Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau SUKUK Negara Tahun Anggaran 2019-2019 yaitu sebesar Rp293 miliar.

Selain itu, yang menjadi hal paling unik, pengendara yang melintasi underpass YIA ini pun diingatkan langsung tentang aspek-aspek keamanan berkendara oleh suara dari Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

"Hati-hati! 40 km/jam, nyalakan lampu," kata Basuki.

Underpass YIA ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat (31/1/2020). Turut mendampingi dalam acara peresmian terowongan terpanjang di Indonesia ini adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menhub Budi Karya Sumadi, Mensesneg Pratikno, Menteri Parekraf Wishnutama, dan Gubernur Provinsi DI Yogyakarta Sultan Hamengkubouwono X.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirahim dan dengan memohon rahmat Tuhan Yang Maha Esa dengan ini saya resmikan terowongan Underpass Yogyakarta International Airport,” ujar Presiden Jokowi saat meresmikan Underpass Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo, Provinsi DI Yogyakarta pada Jumat (31/1/2020).

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini