Mau Bangun Rumah Mungil Kekinian? Perhatikan Hal Ini

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Sabtu 01 Februari 2020 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 01 470 2161757 mau-bangun-rumah-mungil-kekinian-perhatikan-hal-ini-Xkuznv5E8R.jpg KPR (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Rumah mungil mulai disukai masyarakat, terutama kaum muda. Hal ini dikarenakan harganya yang lebih murah dan tampilan rumah yang sederhana.

Rumah mungil adalah tempat tinggal yang luas bangunannya kurang dari 120 meter persegi. Rumah ini memiliki ruang yang minim. Ruang yang ada dalam rumah mungil yaitu 1 ruang makan, 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga, 1 kamar mandi, 2 hingga 3 kamar tidur, dan dapur.

Walaupun rumah mungil lahannya tak luas, namun rumah bisa tampak indah. Dalam membangun rumah mungil, rencanakanlah ruang yang dibutuhkan, penataan ruang dan furnitur, jumlah penghuni, luas ruang yang diinginkan, menggabungkan fungsi ruang, memanfaatkan ruang terbuang, dan memili gaya arsitektur rumah dan warna ruang.

Baca Juga: Cara Mudah Desain Rumah Mungil Terlihat Estetik

Seperti dikutip dari buku 'Merancang Rumah Mungil' karya Choirul Amin dan Nuris Setiawan yang terbit tahun 2006, Jakarta, Minggu (1/2/2020) dalam merancang rumah ada beberapa karakteristik yang perlu diperhatikan.

Karakteristik fungsi yang pertama adalah fungsional. Fungsional yang dimaksud yaitu bisa digunakan untuk beraktivitas, efisien, dan dibangun sesuai kebutuhan penghuni rumah.

Baca Juga: Walau Mungil, 5 Rumah Ini Tak Kalah Indah dan Menginspirasi

Karakteristik lainnya yaitu aman. Aman yang dimaksud adalah rumah tak mudah rusak/roboh, perawatannya gampang, dan hemat biaya. Pastikan rumah aman untuk dihuni.

Dalam membangun rumah juga perlu diperhatikan sisi estetikanya. Estetika yang dimaksud yaitu rumah nyaman dilihat dan ditempati.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini