nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menata Rumah Mungil di Tanah 30 Meter, Simak Kiatnya

Vania Halim, Jurnalis · Minggu 02 Februari 2020 11:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 02 470 2162044 menata-rumah-mungil-di-tanah-30-meter-simak-kiatnya-l8aB0AJ9Q4.jpeg Foto Rumah: Ilustrasi Shutterstock

JAKARTA - Rumah yang mungil biasanya dibangun kurang menarik terutama bila anggaran pembangunan terbatas. Namun jika dibangun dengan ide kreatif, rumah mungil di atas tanah seluas 30 meter akan menarik meskipun dananya terbatas.

Mengutip dari buku 'Gaya dan Tema Rumah Mungil' oleh Imelda Sandjaya terbitan 2007, rumah seluas 30 meter dengan denah berbentuk T bisa juga dijadikan contoh solusi keterbatasan lahan. Denah rumah ini berbentuk T dengan pintu masuk di tengah-tengah.

Ruang di tengah bisa berfungsi sebagai ruang serbaguna yang merupakan pusat kegiatan anggota keluarga di rumah. Area ini juga menjadi sumber sirkulasi mengalir ke ruangan lainnya.

Baca Juga: Ide Kreatif Bikin Pernak-pernik Natal yang Low Budget

Dengan demikian, rumah juga dapat diubah sedemikian rupa sehingga menarik perhatian serta berkesan mendalam sebelum menuju ke ruangan yang lain. Tema rancangannya adalah permainan warna ceria.

Ruang serbaguna difungsikan sebagai ruang tamu semiformal, ruang duduk dan ruang menonton televisi dengan dinding warna biru gelap. Diletakkan pula puff besar berbentuk kacang bermotif kotak-kotak warna cerah dipasangkan dengan meja bundar berkaki tunggal serta puff bundar berwarna oranye terang.

Jendela diberi tirai gulung warna oranye menyala dengan tali pita kotak-kotak oranye hijau dan biru. Lantai keramik putih ditutup dengan karpet biru gelap.

Baca Juga: Lagi Bersih-Bersih Rumah? Jangan Lupa 7 Spot Ini

Padu padanan warna ini bertambah semarak dengan warnah hijau toska dan kuning muda yang cerah pada kusen. Di ruang duduk ada juga bunga aneka warna, lukisan, cangkir dan teko menjadi pernik serasi yang menambahkan suasana semakin indah.

Permainan warna yang sangat berani, unik, dan menarik menjadi unsur kejutan yang memikat ketika orang masuk ke dalam ruang. Kesan mendalam juga tertanam sehingga interior rumah mungil tidak terasa monoton dan jauh dari kesan biasa-biasa saja.

Selain itu, perbedaan warna gelap terang menghasilkan perbedaan dimensi ruang antara bidang lantai, dinding, dan mebel. Ibarat kertas putih, tidak lagi menjadi kertas putih polos melainkan lukisan yang sangat menawan.

(kmj)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini