Ketika Perdana Menteri Termuda di Dunia Bicara soal Impian Amerika, Apa Itu?

Hairunnisa, Jurnalis · Selasa 04 Februari 2020 14:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 04 320 2163137 ketika-perdana-menteri-termuda-di-dunia-bicara-soal-impian-amerika-apa-itu-NGU8n7K0jD.jpeg Sanna Marin (Foto: CNBC)

JAKARTA - Perdana menteri milenial Finlandia Sanna Marin mengatakan, negaranya dan negara-negara Nordik (menempati wilayah di Eropa Timur dan Atlantik Utara) telah siap untuk memberikan warga negara mereka kesempatan untuk mencapai impian kehidupan seperti orang-orang Amerika atau American dream.

Impian Amerika adalah etos nasional Amerika Serikat, sekumpulan ide bahwa kebebasan meliputi kesempatan untuk makmur dan sukses, dan mobilitas sosial ke atas melalui kerja keras.

Baca Juga: Perdana Menteri Finlandia Usul Kerja Hanya 4 Hari dalam Seminggu

Dalam definisi Impian Amerika oleh James Truslow Adams tahun 1931, "kehidupan semua orang harus lebih baik dan kaya dan penuh dengan kesempatan menurut kemampuan atau prestasinya" tanpa mengenal kelas sosial atau kondisi lahir.

Ide Impian Amerika berakar dari Deklarasi Kemerdekaan Amerika Serikat yang menyatkaan bahwa "semua manusia diciptakan setara" dan mereka "dikaruniai hak-hak mutlak tertentu oleh Penciptanya", termasuk "hidup, bebas, dan mengejar kebahagiaan.

Baca Juga: 5 Pesona Kecantikan Sanna Marin, Perdana Menteri Termuda di Dunia

"Saya merasa bahwa impian Amerika dapat dicapai terbaik di negara-negara Nordik, di mana setiap anak tidak peduli latar belakang atau latar belakang keluarga mereka dapat menjadi apa saja." ungkapnya seperti dilansir business insider, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Impian Amerika pada tingkat paling dasar dengan gagasan bahwa setiap orang harus diberi kesempatan untuk mencapai tujuan dan ambisi hidup mereka.

Dirinya menambahkan, Finlandia dapat memberikan layaknya impian Amerika karena layanan publiknya.

“Kami memiliki sistem pendidikan yang sangat baik, kami memiliki layanan kesehatan dan sistem kesejahteraan sosial yang baik yang memungkinkan siapa pun menjadi apa saja. Ini mungkin salah satu alasan mengapa Finlandia mendapat peringkat negara paling bahagia di dunia,” ungkapnya.

Dia memperingatkan, bagaimana cara menerapkan tentang sistem seperti itu di negara lain. Hal ini dikarenakan situasi di setiap negara dan suasana poltik disetiap negara berbeda.

Wanita yang berusia 34 tahun ini menjadi perdana menteri termuda di dunia pada Desember lalu ketika dia terpilih untuk memimpin partainya, Demokrat Sosial, yang memiliki kursi terbanyak dalam pemerintahan koalisi Finlandia.

Marin, yang memiliki latar belakang kelas pekerja, adalah orang pertama di keluarganya yang masuk universitas dan bekerja sebagai asisten penjualan selama masa studinya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini