Kisah Wanita Terkaya Dunia, Pewaris L'Oreal yang Punya Duit Rp808 Triliun

Maylisda Frisca Elenor Solagracia, Jurnalis · Selasa 04 Februari 2020 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 04 320 2163247 kisah-wanita-terkaya-dunia-pewaris-l-oreal-yang-punya-duit-rp808-triliun-IpAsX44njC.png Francoise Bettencourt Mayers Wanita Terkaya Dunia. (Foto: Okezone.com/Business Insider)

JAKARTA - Françoise Bettencourt Meyers menjadi wanita terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai USD58,9 miliar atau setara Rp808,1 triliun (kurs Rp13.720 per USD). Walaupun begitu, perjalanan hidupnya tidak mudah.

Bettencourt Mayers tidak seperti pewaris miliarder kebanyakan. Dirinya memilih untuk memusatkan perhatiannya pada kariernya sebagai penulis dan anggota dewan direksi L'Oreal.

Dirinya telah menulis buku tentang topik mulai dari mitologi Yunani hingga hubungan Yahudi-Kristen. Buku terbarunya berjudul Regard sur la Bible. diterbitkan pada 2008. Dia pun disebut sebagai sebagai wanita dengan intelektual yang serius.

Baca Juga: Duit Orang Terkaya Dunia Jeff Bezos Tambah Rp110 Triliun

Melansir Business Insider, Selasa (4/2/2020), Bettencourt Meyers adalah cucu pendiri L'Oreal, Eugene Schueller. Schueller adalah seorang apoteker yang menemukan formula untuk rambut mati pada 1908 atau kini disebut L'Oreal. Melalui produk itu, Schueller pun menjadi sangat kaya.

Ibu Bettencourt Meyers, Liliane Bettencourt mewarisi seluruh kekayaan Schueller pada 1957 dan menjadi sosialita terkemuka. Ayah Bettencourt Meyers, André Bettencourt adalah seorang politisi Perancis yang menjabat sebagai menteri dan senator pemerintah.

Liliane Bettencourt terkenal di masyarakat Prancis karena pesta-pesta glamor dan eksklusifnya. Namun, Bettencourt Meyers tidak pernah menikmati gaya hidup glamor sama seperti orang tuanya yang sosialita. Dia lebih suka tetap bermain piano atau menulis.

Baca Juga: Fakta Miliarder yang Sumbangkan Duitnya Basmi Virus Korona

Cucu dari pendiri L'Oreal ini mendapatkan kekayaan dari perusahaan kosmetik itu sebesar USD56,8 miliar setara Rp781,30 triliun (kurs Rp13.755 per USD) ketika ibunya meninggal pada 2017.

Namun demikian, ada kisah menarik terkait hubungan Bettencourt dengan ibunya. Dirinya sempat bertengkar dengan sang ibu saat masih remaja.

Hubungannya dengan ibunya mencapai titik krisis ketika Bettencourt Meyers memprakarsai perselisihan keluarga selama satu dekade atas warisannya yang dikenal sebagai 'Urusan Bettencourt'.

Dalam gugatan itu, Bettencourt Meyers menuduh teman terdekat ibunya, fotografer François-Marie Banier melakukan perselingkuhan. Dirinya menuduh, perselingkuhan dengan Bettencourt untuk memanipulasi ahli waris dari neneknya agar memberinya sekitar USD1,86 miliar setara Rp25,57 triliun dalam bentuk uang tunai, seni dan real estate.

Bettencourt Meyers mengajukan pengaduan pidana terhadap Banier pada Desember 2007. Bettencourt yang didiagnosis menderita demensia, membantah pernyataan putrinya, mengatakan bahwa dia bebas berbagi asetnya dengan Banier.

Pada Juli 2009, Bettencourt Meyers mengatakan kepada sebuah surat kabar Prancis bahwa tujuan Banier jelas memisahkan ibu dari keluarganya untuk mendapat keuntungan darinya. Dirinya pun tidak akan membiarkan itu terjadi.

Bettencourt Meyers menambahkan sembilan terdakwa lain ke dalam kasus ini setelah penyelidikan dramatis, bahkan melibatkan Presiden Prancis Sarkozy. Kasus ini disidangkan pada 2015. Bainer dihukum karena penyalahgunaan dan dijatuhi hukuman dua setengah tahun penjara serta membayar ganti rugi kepada Bettencourt sebesar 158 juta euro setara USD174,68 juta setara Rp2,4 triliun.

Hukuman penjara dan pembayaran kemudian dibatalkan dalam banding. Meskipun dia berada di pihak pemenang gugatan, Bettencourt Meyers kemudian diselidiki karena menyuap seorang saksi.

Penyelidikan berasal dari pengaduan pidana yang diajukan Bainer pada 2015. Pada saat itu, Bettencourt Meyers mengatakan pembayaran yang dia lakukan kepada saksi adalah sebagian pembayaran pesangon, sebagian pinjaman pribadi, dan bukan suap untuk kesaksian itu.

Gugatan itu dan gugatan balik Bettencourt Meyers terhadap Bainer diselesaikan dalam kesepakatan pembelaan rahasia pada 2016.

Bettencourt Meyers mewarisi puluhan miliar dolar pada 2017, dan aset berharga seperti rumah besar ini di pinggiran kota Paris. Rumah itu terletak di Neuilly-sur-Seine, sebuah pinggiran kota di sebelah barat Paris.

Neuilly-sur-Seine juga merupakan kota kelahiran aktor-aktor Prancis Christian Clavier, Thierry Lhermitte, Gerard Jugnot, dan politisi Marine Le Pen.

Bettencourt Meyers hidup bersama suaminya Jean-Pierre Meyers. Jean-Pierre Meyers adalah CEO Tethys SAS. Dia juga merupakan bagian dari manajemen di Nestle dan L'Oreal.

Pasangan ini memiliki dua putra, Jean-Victor dan Nicolas, menurut Bloomberg. Jean-Victor mulai bekerja sebagai anggota dewan direksi L'Oreal bersama Bettencourt Meyers pada 2012.

Terlepas dari kontroversi hidupnya, kekayaan Bettencourt Meyers telah tumbuh hingga USD56,8 miliar atau meningkat dibandingkan dengan setahun lalu sebesar USD45,9 miliar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini