Share

Trans Jawa Sudah Tersambung, Jasa Marga Akan Fokus Tol JORR II

Giri Hartomo, Jurnalis · Jum'at 07 Februari 2020 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 07 320 2164917 trans-jawa-sudah-tersambung-jasa-marga-akan-fokus-tol-jorr-ii-OCWpbvYKC1.jpg Jalan Tol (Okezone)

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) tengah fokus dalam penyelesaian jalan tol lingkar luar Jakarta 2 alias Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Pasalnya jalan tol lingkar luar Jakarta yang kedua ini direncanakan bisa dioperasikan pada tahun ini.

Corporate Secretary (Corsec) PT Jasa Marga (Persero) Mohamad Agus Setiawan mengatakan, pada tahun ini perseroan mengusahakan agar jalan tol JORR II ini bisa segera dioperasikan. Menginga jalan tol ini sendiri ditargetkan bisa beroperasi pada Maret 2020 mendatang.

 Baca juga: Ban Bocor Akibat Jalan Jelek di Tol, Silahkan Ajukan Klaim ke Pengelola!

“Nah sekarang (di tahun 2020) konsentrasinya adalah untuk menyelesaikan JORR II," ujarnya dalam acara Media Briefing, di Hotel Grand Dhika, Jakarta, Jumat (7/2/2020)

Pada tahun lalu lanjut Agus, Jasa Marga memang berfokus untuk menyelesaikan ruas tol di Trans Jawa. Namun pada tahun lalu, hampir seluruh jalan tol Trans Jawa sudah rampung pengerjaannya.

 Baca juga: Tol BORR Yasmin-Semplak Ditargetkan Fungsional saat Lebaran Tahun Ini

Menurut Agus hanya ada beberapa ruas saja yang saat ini belum rampung pengerjaannya salah satunya adalah ruas tol Probolinggo-Banyuwangi (Probowangi). Pasalnya, jalan tol ini baru akan dibangun pada pertengahan tahun 2020 ini dengan target rampungnya yakni di 2025.

Saat ini, Jasa Marga tengah memasuki tahap persiapan untuk pembebasan lahan. Pembebasan lahan memang menjadi pekerjaan rumah karena diperkirakan akan memakan waktu lama mengingat panjangnya yang mencapai 172 kilometer.

 Baca juga: Jalan Tol Serpong-Cinere Ditargetkan Beroperasi Sebelum Lebaran 2020

"Kalau tahun kemarin fokus trans jawa. Sekarang kan sudah semua palingan tinggal Probolinggo-Banyuwangi. Nah sekarang konsentrasi menyelesaikan JORR 2," ucapnya.

Sebagai informasi, saat ini tol JORR II sedang dalam tahap pembangunan dan di targetkan beroperasi Maret 2020 mendatang. Adapun rinciannya adalah Cengkareng–Kunciran sepanjang 14,2 kilometer.

Kemudian Kunciran–Serpong sepanjang 11,14 kilometer. Lalu Serpong–Cinere sepanjang 10,14 kilometer.

Selanjutnya ada Cinere–Jagorawi sepanjang 14,7 kilometer, kemudian Cimanggis–Cibitung sepanjang 25,21 kilometer. Dan terakhir adalah Cibitung-Cilincing sepanjang 34,01 kilometer.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini