Sri Mulyani Tanya Usul Pembangunan Ibu Kota Baru, Netizen Malah Curhat Harga Bawang Putih Mahal

Fabbiola Irawan, Jurnalis · Sabtu 08 Februari 2020 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 08 470 2165360 sri-mulyani-tanya-usul-pembangunan-ibu-kota-baru-netizen-malah-curhat-harga-bawang-putih-mahal-w6ee9LWGfP.png Tim Khusus Pemindahan Ibu Kota Baru. (Foto: Okezone.com/Instagram/Sri Mulyani)

JAKARTA – Pemerintah membentuk tim untuk memfinalisasi masalah penyiapan ibu kota baru. Ketua tim tersebut yakni Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa.

Pembentukan tim khusus tersebut merupakan kesepakatan hasil rapat yang dilakukan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menparekraf Wishnutama Kusubandio, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN RI Sofyan Djalil dan Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, di Kementerian Keuangan, Jumat 7 Februari 2020.

"Kemarin kami membahas tentang rencana pembangunan Ibu Kota Negara yang baru di kantor saya," tulis Menteri Keuangan Sri Mulyani, dalam akun Instagramnya, Sabtu (8/2/2020).

Baca Juga: Data Proyek Pembangunan Ibu Kota Baru Dikompilasi Bappenas

Ibu Kota Negara (IKN) yang direncanakan berada di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur ini terus melakukan upaya pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta.

Guna merealisasikannya, pemerintah Indonesia bahkan tidak segan-segan untuk meminta saran kepada warganya mengenai desain atau rencana pembangunan IKN. Sri Mulyani Indrawati pun demikian, di mana dirinya meminta usul masyarakat soal ibu kota baru tersebut.

“Ada yang punya usul?” tanya Menkeu kepada warganet.

Baca Juga: Erick Thohir hingga Menko Airlangga Kumpul di Kantor Sri Mulyani, Bahas Apa?

Warga maya tentunya tidak menyiayiakan kesempatan ini. Netizen berbondong-bondong berkomentar di unggahan Sri Mulyani.

Sampai saat ini, unggahan Menkeu sudah disukai sebanyak 13.307 kali dan dikomentari sebanyak 207 kali.

Berikut usulan-usulan nyentrik warganet mengenai rencana pembangunan IKN:

“Kerjasama sama perusahaan penerbangan, khusus tujuan ibu kota baru harga tiketnya jgn terlalu mahal..,” saran akun @s*lm*f*sh**n1.

“Mohon manajem persampahan di ibukota baru dan di 10 destinasi utama pariwisata Indonesia diperhatikan. Apa sudah ada blue print waste management? Dari hulu ke hilir soal sampah masih belum tuntas mengurai akar masalah,” komentar @m*ch*l_y*dh_w*n.

“Yg dikirim adalah Aparat Negara yang Bersih dan tidak Korup, jadi Ibu kota baru juga memiliki budaya kerja yang baru dan menjadi wajah baru Indonesia,” tukas @lf*dys*s.

“Dibangun seindah apapun bu, yg penting jgn mengalami banjir spt Jkt saat ini bu itu jauh lbh penting,” tulis @r*y_*str*y.

“Dikembangkan sumber enerji ramah lingkungan dan selalu terbaharukan (Tenaga Surya, Tenaga Air, Tenaga Angin, Dan Kombinasi atau Tenaga Alternatif lain selain yang ada sekarang yg tidak bisa diperbaharui) tidak hanya utk wilayah IKN tetapi seluruh wilayah Kalimantan bahkan jangka panjang untuk seluruh wilayah Indonesia bahkan bisa dieksport ke tetangga : Brunei, Malaysia, Singapore,” imbuh akun @h*ngky*nt*w*dj*y*.

“Usul saya untuk mendahulukan pemanfaatan & pemeliharaan sungai yg ada. Mudah2an bisa dioptimalkan sebagai aset pariwisata di ibukota baru bu.. Dan mindset masyarakat dilatih untuk mencintai sungai. Karna sungai yg airnya bersih adalah salahsatu sumber kehidupan yg sehat, terutama penting untk masa depan. Makasih bu @smindrawati 💐💐💐,” kata @d*v*t*mb*n*n.

“Uslu bu. Kalau liat konsep design IKN, jomplang bangeeet dengan kehidupan masyarakat sekitar bu. Yang rata2 hanya petani. Mungkin bisa disinkron kan dulu antara IKN dengan tampilan modern nya, dengan masyarakat sekitar yg dengan suasana pedesaannya. Misal, desa, tapi desa modern. Dengan pernak pernik kemajuan jaman nya namun tetap tdk meninggalkan suasana "adem" pedesaan. Jangan sampai judul lagu : ujung aspal pondok gede terjadi di IKN yang baru bu. Ini sekedar urun rembug aja bu🙏🙏🙏.. Siapa Kita............INNDONESIA🇮🇩🇮🇩,” komentar @ch*h*b.

“@Ibu Sri Menkeu..tlong di sampaikan ke Bpk Menteri Perdagangan minta tlong jajarannya utk operasi Pasar kenapa Bawang Putih, Cabe dan minyak bisa naik drastis.Sebagai orang yg sering belanja di Pasar Induk dalam.jumlah besar harga2 makin liar Bu Sri.dan yg parah kesannya pemerintah khusus nya DKI dan Umumnya Indonesia tdk ada informasi penyelidikan karena harga makin liar.Jangan sampai mereka di bodohkan dan di alihkan karena adanya virus Corona..saya hanya kwatir ada beberapa oknum yg mendompleng isu2 yg terjadi utk menaikan dan menampung bahan2 pokok.Yg lebih parah takut nya mereka akan menggunakan harga2 pangan yg tidak terkendali utk kepentingan politik.Bukan maksud saya berlebihan tapi siapa tahu Bu hal2 ini bisa terjadi.Terima kasih banyak Ibu Sri semoga Ibu berkenan membantu saya supaya saya tdk kwatir berlebihan,” curhat akun @p*rw*t**dm*r*dj*70.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini