nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Draft RUU Ibu Kota Baru Diserahkan ke DPR Bulan Ini

Giri Hartomo, Jurnalis · Selasa 11 Februari 2020 20:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 11 470 2166973 draft-ruu-ibu-kota-baru-diserahkan-ke-dpr-bulan-ini-vuwLH2FS0o.jpg Desain Ibu Kota Baru. (Foto: Okezone.com/Kementerian PUPR)

JAKARTA - Pemerintah akan segera menyerahkan draft Rancangan Undang-Undang (RUU) pemindahan ibu kota kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada bulan ini. Hal ini sebagai persiapan pemindahan ibu kota negara yang akan dilakukan groundbreaking pada akhir tahun.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, pemerintah menyiapkan draft RUU ini sebelum diserahkan kepada DPR. Dalam RUU tersebut akan mengatur mengenai tata ruang wilayah ibu kota.

Baca Juga: Ibu Kota Baru Dibikin Canggih, Ini Rencana Fasilitasnya

"Belum-belum. Bulan inilah (diserahkan ke DPR), semuanya bulan ini," ujarnya saat ditemui di Kantor Bappenas, Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Setelah diserahkan, nantinya draft RUU akan dibahas bersama. Pembahasan diperkirakan akan berlangsung selama 100 hari atau sekitar 3 bulan.

Baca Juga: Inggris, Jerman hingga Italia Tertarik Investasi di Ibu Kota Baru

"Ya mungkin 100 hari saya kira, 3 bulan. Tapi saya enggak bisa mengatakan begitu karena saya harus sama-sama. Harapan saya seperti itu, tapi kan pembahasan bersama DPR," jelasnya.

Bersamaan dengan pembentukan RUU Ibu Kota Negara tersebut, pemerintah juga akan membentuk badan otoritsa selaku pelaksana tugas langsung pembangunan ibu kota baru. Tim khusus itu nantinya akan diketuai oleh Kepala Bappenas.

"Sedang dalam proses penyelesaian," ucapnya.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini