nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Ingin Palugada, Erick Thohir Bakal Sisir Universitas BUMN

Taufik Fajar, Jurnalis · Rabu 12 Februari 2020 14:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 12 320 2167334 tak-ingin-bumn-palugada-erick-thohir-bakal-sisir-universitas-pelat-merah-B6dIahrnCP.jpg Erick Thohir (Foto: Kementerian BUMN)

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana mengkaji ulang keberadaan universitas yang dimiliki oleh perusahaan pelat merah. Hal itu mengingat universitas bukan bidang dari perusahaan BUMN.

"Saya juga tidak mau BUMN jadi Palugada, (Apa lu mau gua ada). Maka itu saya sedang mereview apa benar BUMN perlu universitas? Karena wong bersaing di bisnisnya saja belum tentu survive atau bertahan. Apalagi menjalankan sesuatu yang bukan di expertise-nya atau bidangnya," ujar dia di Menara Mandiri Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Baca Juga: Erick Thohir Pertanyakan Universitas Pertamina: Ngapain?

Menurut dia, pihaknya ke depan sedang mereview, untuk bagaimana mensinergikan program-program bersama Kemendibud, dari pada BUMN menjadi kompetitor di industri pendidikan.

Namun, lanjut dia Kementerian BUMN akan langsung masuk ke program-program yang ada universitas-universitas itu.

Baca Juga: Erick Thohir Bakal Rombak Lagi Direksi Bank BUMN

"Mau tidak mau universitas-universitas yang di Indonesia harus meng-upgrade dirinya seperti bagaimana BUMN. Bukan eranya di proteksi tapi juga harus menjadi bagian dari persaingan," ungkap dia.

Seperti diketahui, beberapa perusahaan BUMN memliki beberapa universitas. Seperti Universitas Pertamina, Telkom University, ITT Surabaya, STIMLOG, Poltekpos, Universitas Internasional Semen Indonesia, STT-PLN, dan BRI Institute.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini