nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Kota Baru Bakal Disusun Berdasarkan Cluster, Ini Gambarannya

Kamis 13 Februari 2020 21:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 13 470 2168132 ibu-kota-baru-bakal-disusun-berdasarkan-cluster-ini-gambarannya-HkU2eXFj2A.jpg Desain Ibu Kota Baru. (Foto: Okezone.com/Kementerian PUPR)

JAKARTA - Ibu kota baru yang berada di Kalimantan akan memiliki "rasa" yang berbeda dengan Jakarta. Ibu kota baru ini akan dibuat secara cluster.

"Di Kalimantan, ibu kota baru nanti kita buat cluster, ada cluster pemerintah, ada cluster pendidikan, kesehatan, riset dan inovasi. Sehingga ekonomi, bisnis itu masih ada di Jakarta," jelas Presiden Joko Widodo (Jokowi), dikutip dari wawancara dengan BBC Indonesia, Kamis (13/2/2020).

Baca Juga: Desain Ibu Kota Baru Akan Ramah Lingkungan?

Urusan perizinan, dia menyatakan tidak akan menjadi hal besar. "Saya kira mudah sekali sekarang, dengan instal sistem yg baik saya kira semuanya akan mudah," ungkap dia.

Jadi, dia melanjutkan, pemerintah akan menginstal sistemnya dulu, baru orangnya. Dengan demikian akan muncul sebuah budaya kerja yang cepat.

"Karena kita pindah ke Kaltim adalah pindah cara kerja, pindah sistem kerja, pindah kultur kerja, sehingga kecepatan itu kita harapkan benar-benar ada," jelas dia.

Baca Juga: Jawaban Presiden Jokowi atas Isu Lingkungan di Ibu Kota Baru

Namun masih ada beberapa masalah dalam pemindahan ibu tersebut. Mengutip data Bappenas, Jakarta, Rabu (12/2/2020), hasil rapid KLHS pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), terdapat 4 isu pembangunan. Berikut masalahnya:

1. Keterbatasan suplai air baku,

2. Wilayah IKN dan sekitarnya merupakan habitat dan ruang jelajah beberapa spesies kunci seperti Orangutan, Bekantan, Beruang Madu, Pesut dan Dugong.

3. Terdapat 109 lubang tambang yang memerlukan penanganan lebih lanjut, dan

4. Kalimantan Timur memiliki ecological footprint tinggi di Kalimantan.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini