nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata Ini Tol Pertama di Sumatera

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 13:58 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 14 320 2168389 ternyata-ini-tol-pertama-di-sumatera-dkcQlHZt7F.jpg Jalan Tol (Foto: Okezone)

JAKARTA - Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa merupakan tol pertama di Sumatera. Tol ini mulai beroperasi pada tahun 1989 dengan panjang jalur utama 33,7 kilometer (km).

"Tahukah kalian bahwa jalan tol Belawan–Medan–Tanjung Morawa merupakan jalan tol pertama yang dioperasikan oleh Jasa Marga di Pulau Sumatera pada tahun 1989," demikian dikutip dalam akun Instagram resmi Jasa Marga, Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Baca Juga: Lampung-Aceh Tersambung Jalan Tol pada 2024

Jalan tol tersebut juga menghubungkan Pelabuhan Belawan ke Medan dan Tanjung Morawa, sehingga dikenal dengan nama singkatan Belmera.

Setelah adanya Tol Belmera, tol lainnya di Sumatera juga dibangun. Sudah ada beberapa ruas Tol Trans Sumatera yang diresmikan, salah satunya Jalan tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka).

Baca Juga: Tol Terpanjang RI Mulai Berbayar 6 Januari, Ini Rinciannya

Tol Terpeka pun menjadi tol terpanjang di Indonesia dengan panjang 189 km yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sekadar informasi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan jalan tol dari Aceh hingga Lampung akan rampung pada 2024. Jalan tol ini akan memiliki panjang sekitar 2.000 kilometer (km).

 Tol Pertama di Sumatera

Sebagai informasi, dalam kurun waktu lima tahun ke depan atau periode 2020 hingga 2024, Jalan Tol yang akan terbangun di seluruh Indonesia ditargetkan mencapai 2.500 km. Sebagian ruas yang ditargetkan, sekitar 2.000 km meliputi pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, nantinya, jalan tol dari Aceh hingga Lampung akan beroperasi secara bertahap. Saat ini sebagian jalan tol tersebut sedang dalam tahap penyelesaian konstruksi.

"Jika melihat capaian selama empat tahun terakhir maka Tol Trans Sumatera dari Bakauheni sampai Banda Aceh dengan panjang sekitar 2.000 km, akan tersambung secara bertahap hingga tahun 2024," ujarnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini