nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Jakarta Diusulkan Jadi Brand Wisata Internasional

Taufik Fajar, Jurnalis · Jum'at 14 Februari 2020 20:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 14 470 2168673 ibu-kota-pindah-ke-kaltim-jakarta-diusulkan-jadi-brand-wisata-internasional-MUqSWuCe8P.jpg Jakarta Diusulkan Jadi Pusat Brand Internasional. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Jakarta diusulkan menjadi pusat brand wisata internasional, pasca-dipindahkannya ibu kota ke Kalimantan.

Direktur Barang Milik Negara Kementerian Keuangan Encep Sudarwan mengatakan, wilayah di Jakarta akan dimanfaatkan menjadi pusat brand wisata Internasional. Apabila sudah tidak menjadi ibu kota.

Baca Juga: Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Investor Asing Mulai Lirik Gedung Aset Pemerintah di Jakarta

"Jadi ada yang mengusulkan untuk membuat international brand wisata di Jakarta. Apabila ibu kota pindah ke Kalimantan Timur," kata di kantornya, Jumat (14/2/2020).

Kemudian, lanjut dia, nasib gedung-gedung kementerian di Jakarta akan tetap dimanfaatkan sebagai nilai tambah bagi pemerintah. Seperti, gedung tersebut akan disewakan kepada pihak investor dan juga swasta.

Baca Juga: Desain Ibu Kota Baru Akan Ramah Lingkungan?

"Jadi, kita akan memanfaatkan mempertahankan aset yang ada di Jakarta. Apa itu masih dipakai atau kita kerja sama dengan swasta sehingga kita ada penerimaan. Kita manfaatkan konsesni 30 tahun," ungkapnya

Sebelumnya, pemindahan Ibu kota dari Jakarta menuju Kalimantan akan menjadi sejarah dunia. Pasalnya hanya Indonesia lah yang memindahkan ibu kotanya dari satu pulau ke pulau lainnya.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan, beberapa negara memang sudah lebih dahulu memindahkan ibu kotanya. Hanya saja, pemindahan ibu kota itu masih dalam lingkup satu pulau.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini